Pertanian

Bagaimana Ciri dan Bentuk Buah Pinang Terbaik?

Tahukah anda bahwa salah satu faktor yang penting untuk menentukan tingkat hasil tanaman adalah benih. Benih serta sarana produksi lainnya seperti pupuk,...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Membahas buah pinang terbaik

Tahukah anda bahwa salah satu faktor yang penting untuk menentukan tingkat hasil tanaman adalah benih. Benih serta sarana produksi lainnya seperti pupuk, air, cahaya serta iklim  juga memang menentukan hasil tanaman tersebut.

Meskipun terdapat sarana produksi yang lain dan cukup namun jika digunakan benih yang bermutu rendah maka hasilnya pun rendah dan mungkin tidak laku di pasaran. Benih pinang unggul menghasilkan buah pinang terbaik.

Buah pinang terbaik dari benih yang unggul

Pinang adalah tanaman asli dari Asia Selatan dimana penyebarannya meliputi Asia Selatan, Asia Tenggara dan juga beberapa pulau di Laut Pasifik. Jika anda ingin mendapatkan buah pinang terbaik maka anda harus memperhatikan benih yang digunakan.

Benih bermutu bisa berupa penampilan benih murni dari jenis tertentu yang menunjukkan identitas genetis dari tanaman induknya. Mutu fisiologis ini akan menunjukkan kemampuan daya hidup  serta kekuatan tumbuh benih ini.

Benih terbaik adalah benih unggul yang mempunyai sifat–sifat unggul seperti berpotensi dengan hasil tinggi, cepat berbuah, tahan terhadap hama atau penyakit tertentu dan sebagainya.

Sampai saat ini petani yang sudah menggunakan benih bermutu atau unggul jumlahnya cukup terbatas khususnya karena adanya bantuan dari pemerintah. Semenyara jika tidak ada bantuan maka lebih banyak menggunakan benih biasa saja.

Tahukah anda bahwa benih bermutu tidak harus berupa benih yang mempunyai sertifikat yang diperoleh dari produsen benih namun yang dapat diproduksi sendiri dengan catatan menggunakan metode yang benar.

Jika anda ingin memproduksi benih bermutu maka perhatikan mulai beberapa aspek budidaya dari penyiapan lahan sampai panen. Diantaranya seperti pengaturan jarak tanam, pemupukan, pengairan, perlindungan  sampai pemanenan.

Berikut ciri-ciri buah pinang yang wangi

Membahas buah pinang terbaik

Ternyata budidaya pinang mempunyai prospek menjanjikan secara ekonomi. Di Indonesia sendiri pinang termasuk dalam salah satu produksi unggulan. Bahkan beberapa tahun terakhir ini, lahan kebun pinang semakin meluas di sejumlah wilayah.

Jadi untuk menjaga mutu pinang dan jumlah produksi buah pinang yang ada maka kebun petani harus diisi dengan benih pinang unggul yang bermutu supaya kualitas pinang nya tetap terjaga.

Pernahkan anda melihat sebuah pinang wangi? disebut wangi karena memang mulai dari akar,buah daun dan keseluruhan dari bagian pinang tersebut mengeluarkan aroma wangi seperti aroma pandan.  Begitu anda melihat pinang ini lalu merasakan ada aroma wangi maka dipastikan itu adalah pohon pinang wangi.

Lalu seperti apa ciri-ciri pinang wangi? Berikut penjelasannya

  • Tahukah anda bahwa buah pinang wangi mempunyai aroma wangi seperti aroma daun pandan khususnya terdapat pada bagian daun dan kulit buah.
  • Lalu buah tua pinang wangi memiliki warna kuning yang terdapat garis memanjang dari pangkal ke ujung buah.
  • Mempunyai daun lebar dua kali lipat pinang biasa.
  • Pinang wangi umumnya mempunyai ruas batang yang pendek sekitaran 6-10 cm
  • Mempunyai jumlah produksi yang tinggi
  • Yang terakhir salah satu kelebihan yang dimiliki oleh pinang wangi yaitu mudah dilakukan pengupasan baik buah basah atau buah yang sudah dijemur.

Dan yang paling twrkenal dari keunggulan pinang wangi ini yaitu mampu menghasilkan buah sekitar 100-500 biji dengan berat buah 6-20 kg basah. Intinya adalah jika anda ingin mendapatkan buah pinang terbaik maka siapkan benih baik yang berkualitas disertai sarana pendukung lainnya karena itu sangat mempengaruhi hasil panen anda.