Pertanian

Cara Budidaya Pinang untuk Hasil Optimal

Pinang merupakan jenis tanaman kelapa yang ditemukan banyak daerah tropis seperti fi Indonesia, Tiongkok dan sebagainya. Mengunyah biji pinang ternyata merupakan kegiatan...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Seperti apa budidaya pinang?

Pinang merupakan jenis tanaman kelapa yang ditemukan banyak daerah tropis seperti fi Indonesia, Tiongkok dan sebagainya. Mengunyah biji pinang ternyata merupakan kegiatan yang sangat populer pada jaman dulu. Dan bahkan masih sering dilakukan masyarakat pedesaan sampai saat ini. Jika anda ingin menikmati hasil dari tanaman ini maka anda harus tahu budidaya pinang seperti apa agar menghasilkan.

Cara terbaik budidaya pinang

Jika anda ingin budidaya pinang maka perhatikan lahan yang akan dipakai. Lahan untuk menanam pinang yang baik yaitu dengan tanah gambut tipis maupun gambut tua serta tanah humus. Sebab lahan seperti ini pasti banyak mengandung unsur organik yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan tanaman pinang agar tumbuh dengan baik.

Tidak hanya tanah gambut tua maupun tanah humus yang diperlukan namun lahan jenis lain yang bisa anda gunakan  yaitu tanah lempung berpasir, tanah kuning merah serta tanah kuning merah berpasir. Mengapa? Karena kandungan pasir tidak boleh lebih dari 25 persen dan lahan berpasir di atas tidak lebih dari yang disebutkan.

Untuk jenis lahan yang disebutkan ini akan membutuhkan banyak pupuk organik yang berupa pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang.

Jangan lupa hindari lahan tanah kuning merah terdapat batu kerikil sebab lahan jenis seperti itu kurang bagus untuk membudidayakan tanaman jenis ini. Mengapa? Karena lahan berbatu seperti ini masih bisa ditanami dengan tanaman berkayu, seperti mangga, alpukat, durian, karet, pala, asam lainnya. Dan pertumbuhannya dijamin tidak akan sebagus pada tanah yang tidak berbatu kerikil.

Hal yang perlu diperhatikan jika mengonsumsi buah pinang

Seperti apa budidaya pinang?

Seperti yang anda tahu bahwa biji buah pinang umumnya digunakan dalam berbagai pengobatan baik itu dengan cara dimakan mentah, dikeringkan, direbus, dipanggang, maupun dibakar.

Dan banyak  manfaat biji buah pinang yang bisa anda nikmati khasiatnya seperti mampu mengatasi masuk angin, masalah pencernaan, mampu menghilangkan racun di dalam tubuh, dapat menghilangkan dahak dan masih banyak lagi.

Namun ternyata buah biji dari buah pinang ini akan menimbulkan  efek samping bagi yang mengkonsumsinya. Bukan karena khasiatnya kurang ampuh namun karena dosis yang tidak tepat.

  • Mengunyah buah pinang yang terlalu sering dapat menyebabkan terkena kanker mulut serta kanker kerongkongan dimana jika anda mengkonsumsinya dengan tembakau maka akan memperparah penyakit ini.
  • Anda yang mengonsumsi buah pinang sebanyak 8-30 gram maka dapat menyebabkan kematian.
  • Jangan terlalu sering mengunyah buah pinang karena akan meninggalkan noda merah pada mulut, bibir, juga pada feses anda.
  • Tidak hanya itu terlalu sering mengunyah buah pinang dapat membuat produksi saliva meningkat sehingga mengakibatkan anda akan sering membuang ludah
  • Tahukah anda bahwa buah pinang mempunyai efek stimulan seperti kafein dan tembakau apabila sering dikonsumsi secara berlebih dapat berdampak pada kesehatan manusia.
  • Buah pinang juga dapat memperparah penyakit asma anda.
  • Jika anda mempunyai penyumbatan pada usus ada baiknya menghindari mengkonsumsi buah ini.
  • Tidak hanya itu mengonsumsi buah pinang berlebih juga bisa meningkatkan sekresi pada sistem pencernaan manusia dan dampak buruknya yaitu luka pada pencernaan.
  • Buah pinang mampu meningkatkan cairan di paru-paru anda yang dapat membahayakan kondisi paru-paru serta bisa memicu penyakit paru-paru seperti asma.
  • Yang terakhir adalah sering mengkonsumsi buah pinang dapat meningkatkan risiko terkena kejang.

Budidaya pinang sangat memberi banyak manfaat dan juga menguntungkan. Pilihlah lahan yang tepat untuk panen yang sempurna.