Pertanian

Beginilah Cara Beli Pinang yang Baik

Manfaat dari buah pinang memang sudah tidak diragukan mulai dari zaman dahulu oleh para orangtua. Diolah dan digunakan sebagai obat alami untuk...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Beginilah cara beli pinang yang baik

Manfaat dari buah pinang memang sudah tidak diragukan mulai dari zaman dahulu oleh para orangtua. Diolah dan digunakan sebagai obat alami untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan cara pengolahannya pun tidaklah rumit dan tidak membutuhkan biaya mahal. Sangat sederhana.

Jika anda ingin merasakan khasiat dari pinang maka anda cukup pergi ke pasar karena pasti banyak anda temui dengan harga jual yang juga tidak mahal.  Cara beli pinang pun tidak sulit.

Seperti inilah cara beli pinang

Sampai dengan saat ini para petani pinang di wilayah Aceh tidak perlu kebingungan lagi untuk memasarkan hasil panen buah pinang karena para pengelola buah pinang di kota Aceh kini bersedia membeli dengan harga yang sudah disepakati.

Dengan kondisi buah pinang yang melimpah, aktivitas jual beli pinang di kota ini terus mengalami peningkatan, terbukti akhir- akhir ini banyak masyarakat yang sibuk kembali untuk melakukan budidaya buah pinang tersebut.

Harga buah pinang relatif stabil bahkan cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Cara beli pinang yaitu mulai dengan level kilogram   dimana harga buah pinang kering bisa mencapai Rp. 15 ribu per kilogram untuk jenis buah pinang yang sudah dibelah dua dan untuk buah pinang yang masih berkulit saja masih memiliki nilai jual seharga Rp.5 ribu per kilogramnya, sedangkan pinang yang rusak dihargai Rp.3 ribu, dan yang terakhir pinang basah masih dihargai kisaran Rp.7 ribu saja.

Adapun pinang yang paling mahal yaitu pinang kering dengan sekitaran harga 15 sampai 18 ribu per kilogram nya. Bahkan buah pinang ini sampai diekspor ke luar negeri. Buah pinang sendiri memiliki nilai jual yang cukup menjanjikan sehingga para petani tetap mendapatkan hasil yang cukup menggembirakan bagi kebutuhan hidup mereka.

Keuntungan membeli pinang

Beginilah cara beli pinang yang baik

Gengsi hanya membuat anda menjauhkan hidup dari kemajuan dn tidak akan membuat seseorang bisa  menjadi kaya. Siapa bilang bertani pinang tidak memberikan keuntungan yang besar? Jenis tanaman ini sangat menguntungkan jika dikerjakan dan ditekuni dengan baik.

Anda bisa meraup banyak keuntungan dengan menjual panennya. Caranya? dimulai dari mengumpulkan puluhan kilogram dari kampung ke kampung, hingga sampai  jumlahnya mencapai puluhan ton.

Meskipun harganya hanya Rp 2.500 per kg namun ketika sudah banyak dikumpul lalu dijual maka keuntungan pun cukup memuaskan. Kini seiring meningkatnya permintaan nilai jual nya pun tumbuhan hingga mencapai Rp 15 ribu-Rp 25 ribu per kg.

Selain itu permintaan buah pinang untuk kebutuhan pasar Asia kini mencapai rata-rata 500 kontainer atau sekitar sembilan ribu ton per bulan nya dimana satu kontainer bisa  sekitar 18 ton.

Bahkan Indonesia bisa menyuplai 200-250 kontainer atau 3.600-4.500 ton pinang per bulan. Sehingga harga jual pinang di luar negeri mencapai Rp 30 ribu per kg. Itu  menunjukkan bahwa peluang pasar pinang masih sangat  terbuka lebar.

Daerah indonesia sendiri banyak petani menggantungkan hidup mereka dari membudidayakan pinang bahkan termasuk di Aceh.

Jika anda ingin memiliki keuntungan atau menikmati khasiat dari buah pinang ini maka anda bisa mulai menyediakan lahan untuk usaha ini.

Ingat untuk menggunakan lahan yang basah dan lembab. Jangan khawatir karena usaha pinang ini cukup menguntungkan serta buat anda sebagai pembeli, cara beli pinang di pasar jika anda ingin menjualnya kembali juga tidak sulit.