Pertanian

Seperti Inilah Cara Memilih Pinang

Pinang memang sudah lama dikenal banyak orang mampu menjadi obat alternatif atau herbal yang berkhasiat yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan....

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Seperti inilah cara memilih pinang

Pinang memang sudah lama dikenal banyak orang mampu menjadi obat alternatif atau herbal yang berkhasiat yang sangat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Jadi tidak heran kalau sampai sekarang banyak pembudidaya tanaman sejenis kelapa ini.

Di samping itu permintaan buah pinang juga sangat tinggi karena memiliki manfaat dan bisa mendapat keuntungan dari pinang ini. Apakah anda tertarik sebagai pembudidaya pinang? Maka anda harus tahu cara memilih pinang baik untuk mendapatkan bibit yang baik juga.

Berikut cara mudah memilih pinang

Tahukah anda jika anda ingin mempunyai atau menghasil kan buah pinang yang terbaik maka haruslah pinangnya yang terbaik. Pinang yang baik berasal dari bibit yang terbaik. Oleh sebab itu pilihlah dahulu bibit terbaik dan unggul.  Bibit yang bermutu berasal dari benih-benih pilihan terbaik.

Biasanya benih pinang yang baik itu berasal dari pohon induk yang sudah terpilih serta bebas dari penyakit, gulma, wereng maupun hama.

Intinya adalah memilih pinang yang baik harus menggunakan bibit yang baik juga. Agar sukses budidaya pinang haruslah anda memilih bibit pinang yang baik dan bermutu. Cara mendapatkannya tidaklah sulit karena ada cara yang paling mudah juga murah yaitu dengan memilih bibit yang sudah melalui seleksi dari pohon induk pinang.

Ciri-ciri induk pohon yang baik

Bibit yang baik juga berasal induk pinang yang terbaik dan ciri – ciri induk pohon pinang yang baik untuk diambil bibitnya yaitu ;

  • Anda harus tahu bahwa pohon induk pinang tumbuh tegar, memiliki batang lurus, serta mahkota pohon berbentuk setengah bulat.
  • Pertumbuhan daunnya berbagai rata, terbuka juga memiliki  lebih dari 8 helai.
  • Lingkar batang pohon pinang ini lebih dari 45 cm yang diukur pada ketinggian 1 meter dari permukaan tanah.
  • Umumnya jumlah tandan lebih dari 4 buah.
  • Jumlah buah per tandan rata-rata adalah 50-60 butir
  • Induk pohon pinang sudah berproduksi stabil dengan waktu berkisar 4-5 tahun dan dengan usia pohon minimal 10 tahun

Jenis jenis pinang yang ada di Indonesia

Seperti inilah cara memilih pinang

Pohon Pinang Bulawan

Pohon pinang ini termasuk sebagai salah satu varietas unggul yang berasal dari Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara. Mengapa? karena pohon pinang bulawan ini mempunyai keunggulan seperti ukuran buah yang besar dengan kadar tanin tinggi dan juga memiliki potensi produksinya tinggi. Keberadaan pohon pinang ini ada di wilayah Kelurahan Molinow, juga di Mongkonai.

Pohon Pinang Irian

Varietas pohon pinang ini berasal dari pulau cendrawasih, Irian Jaya. Tahukah anda bahwa sekarang pohon pinang irian ini telah tersebar luas ke berbagai wilayah Indonesia bahkan sampai ke pasar Eropa yang menggunakannya sebagai tanaman hias.

Pohon pinang irian ini memiliki ciri-ciri seperti tinggi batang mencapai 4-5 m dan tumbuh secara merumpun. Memiliki bentuk daun menyirip genap dengan ujung daun yang bergerigi serta pelepah daun yang menutupi ujung batangnya.

Buah dari pohon pinang irian mempunyai bentuk bulat lonjong. Biasanya para petani membudidayakan pohon pinang ini menggunakan biji atau anakannya.

Pohon Pinang Biru

Merupakan varietas pohon pinang yang memiliki tinggi berkisar antara 5-6 m dan hidup secara berumpun. Memiliki bentuk daun menyirip dengan seludang yang berwarna coklat kemerahan.

Disamping  itu anak daunnya berbentuk lonjong memanjang menyerupai pita dengan sisik sekitar 10-25 sisik.  Pinang ini biasanya banyak terdapat di hutan basah yang terletak pada ketinggian 10-600 m di atas permukaan laut.

Jadi cara memilih pinang yang baik itu adalah dengan mengetahui terlebih dahulu bibit yang akan anda gunakan.