Pertanian

Cara Menyimpan Pinang Agar Awet dan Tidak Busuk

Cara menyimpan pinang – Membudidayakan atau menanam pinang memanglah sebuah keuntungan yang akan dinikmati nantinya. Selain bisa dijual di pasaran karena dapat...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Cara Menyimpan Pinang

Cara menyimpan pinang – Membudidayakan atau menanam pinang memanglah sebuah keuntungan yang akan dinikmati nantinya. Selain bisa dijual di pasaran karena dapat dijadikan sebagai obat kesehatan namun khasiatnya yang ampuh sudah terbukti bagi anda yang mengkonsumsinya secara pribadi.

Proses menanamnya oun tidaklah sulit karena intinya lahan yang digunakan haruslah yang basah atau lembab. Karena khasiat dan keuntungan yang cukup bagus maka cara menyimpan pinang ini sendiri juga tidaklah sembarangan.

Inilah cara pengupasan biji pinang

Di beberapa daerah di Indonesia masih sangat kental dengan budaya dan adat istiadatnya. Banyak kegiatan tradisi-tradisi yang masih terus dilestarikan sejak zaman nenek moyang dulu sampai dengan sekarang ini.

Bersamaan dengan itu setiap daerah di Indonesia juga mempunyai potensi hasil alam yang sangat melimpah, baik itu dari sektor pertambangannya, pertanian, perkebunan, perikanan, dan lain sebagainya.

Dari sektor seperti inilah  masyarakat pribumi mempunyai mata pencaharian atau penghasilan sendiri.  Salah satu penghasil alam indonesia yang sangat terkenal dari sektor perkebunan adalah buah pinang. Penjual buah pinang pun bervariasi, dan beberapa punya reputasi sebagai penjual pinang terbaik.

Buah yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga orang indonesia dikarenakan buah ini merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sangat kaya akan manfaatnya dan cara mengkonsumsinya pun tergantung selera dari setiap masing-masing daerah dan yang paling unik nya di setiap daerah pasti punya cara tersendiri untuk mengupas buah pinang.

Baik itu menggunakan alat-alat tradisional seperti parang, pisau dan arit. Namun ada daerah yang sangat menarik untuk urusan mengupas buah pinang ini yaitu daerah Aceh. Daerah ini memiliki satu alat dengan julukan rampagoe dimana alat yang satu ini sangat melegenda dan sering digunakan oleh para leluhur untuk mengupas dan membelah pinang.

Berikut cara menyimpan pinang agar tetap segar

Cara Menyimpan Pinang

Buah pinang menjadi salah satu pendapatan yang menjanjikan bagi petani di Indonesia, oleh karena itu untuk tetap menjaga kesegaran dan kualitas dari buah pinang sendiri di butuhkan tempat yang bisa membuat pinang tersebut tetap harus terjaga kualitasnya. Dan bagaimana cara menyimpan pinang yang baik? berikut penjelasan nya buat anda

Pisahkan Buah pinang yang busuk dengan yang lain terlebih dahulu

Saat memilih buah pinang lihat terlebih dahulu karena biasanya pada saat memetiknya pasti ada saja yang terikut antara yang matang dengan setengah matang atau bahkan belum matang. Jadi untuk menyimpan buah pinang yang beda dengan  kematangannya harus dipisahkan.

Selain itu anda harus mengecek lokasi penyimpanan secara berkala. Sisihkanlah  buah pinang yang sudah matang atau bahkan mulai membusuk. Pinang yang matang dapat mengeluarkan gas yang menimbulkan pembusukan pada buah pinang lain. Jadi buah-buah tersebut dapat menjangkit lainnya seperti halnya  penyakit

Simpan Buah di Tempat Kering

Cara selanjutnya adalah menyimpan buah pinang di tempat yang kering. Kelembaban pinang harus tetap dijaga karena kandungan air membuatnya tetap segar. Jika kandungan dalam air berkurang maka buah akan layu dan kisut akibat penguapan.

Namun buah pinang harus tetap disimpan di tempat yang kering agar tidak mudah membusuk. Hindari mencuci buah sebelum memasukkannya ke dalam sebuah wadah yang tertutup. Serta dilapisi kayu atau bahan yang tebal di bagian bawah nya agar tidak langsung terkontaminasi ke lantai.

Cara menyimpan pinang yang baik akan membuat pinang tetap terjaga kesegaran dan kualitas nya. Apalagi jika anda ingin menjualnya maka cara menyimpannya harus diperhatikan.