Pertanian

Deretan Penyakit Penyebab Tanaman Pinang Rusak

Sama seperti tanaman budidaya lainnya, tanaman pinang juga bisa terserang penyakit. Biasanya jika sudah terpapar hama penyakit maka harga jual buah pinang ...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
deretan penyebab tanaman pinang rusak

Sama seperti tanaman budidaya lainnya, tanaman pinang juga bisa terserang penyakit. Biasanya jika sudah terpapar hama penyakit maka harga jual buah pinang  tersebut juga akan ikut menurun. Padahal, tanaman pinang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan terutama untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Selain menyebabkan tanaman dan buah pinang rusak, hama juga menyebabkan harga pinang semakin menurun .

Mengapa tanaman pinang rusak

Penyebab kerusakan yang sering terjadi pada tanaman pinang sebenarnya bermacam-macam. Namun, yang paling sering ditemui adalah serangan akibat gangguan mikroorganisme mulai dari virus maupun binatang-binatang kecil lainnya. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika sebelum dikonsumsi maka sebaiknya Anda mencuci buah pinang tersebut menggunakan sabun khusus yang aman bagi manusia.

Selain faktor tersebut, buah pinang juga bisa mengalami kerusakan akibat goresan atau benturan akibat proses penyimpanan yang kurang baik. Walaupun hal tersebut kurang begitu mempengaruhi isinya namun hal itu jelas akan mempengaruhi tampilan buah pinang. Buah pinang yang memiliki tampilan yang kurang mulus dan penuh goresan biasanya kurang disukai sehingga harganya bisa saja turun.

Jenis penyakit yang menyebabkan pinang rusak

deretan penyebab tanaman pinang rusak

Sama seperti tanaman budidaya lain, tanaman pinang juga kerap terserang penyakit. Bahkan, beberapa diantaranya terhitung cukup berbahaya karena bisa menyebabkan tanaman tersebut layu dan akhirnya mati. Walaupun penyakit tersebut tidak berbahaya bagi manusia, namun tidak ada salahnya jika Anda mengetahui beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan tanaman pinang rusak dan akhirnya mati. Berikut beberapa penyakit yang sering menyerang tanaman pinang.

  •   Bercak daun menguning

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan/jamur yang bernama Curvularia sp. Awalnya, daun akan mengalami bercak-bercak kekuningan sebesar 3-10 mm. jika dibiarkan lebih lanjut, penyakit ini bisa menyebabkan bibit mengalami kematian.

  •   Karat merah daun

Penyakit ini disebabkan oleh cendawan Cephaleuros sp. Jamur ini umumnya menginfeksi batang dan daun sehingga terlihat bercak-bercak berwarna kuning di bagian tersebut.

  •   Busuk akar/pangkal akar

Masih disebabkan oleh cendawan, penyakit ini bisa terjadi akibat dari proses pembibitan yang memiliki sistem drainase yang buruk. Penyakit akibat cendawan Fusarium sp. dan Rhizoctonia sp. Akan mengakibatkan tanaman menjadi layu.

  •   Busuk buah

Penyebab dari penyakit ini adalah jamur Phytophthora arecae. Jamur ini bisa menyebabkan bercak-bercak pada permukaan buah yang terletak dekat kelopak bunga.bercak tersebut akan menyebar sehingga menyebabkan warna buah berubah hijau tua dan jika bercak sudah terlihat di pangkal buah maka hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan dan membuat buah membusuk.

  •   Busuk pucuk

Selain busuk pucuk ada lagi penyakit yang hampir serupa yaitu busuk pucuk. Penyakit ini masih disebabkan oleh jamur yang sama dengan busuk buah. Perbedaanya adalah bagian yang diserang. Busuk pucuk akan menginfeksi bagian pucuk tanaman pinang yang menyebabkan pucuk berwarna kuning kecoklatan lalu kemudian membusuk. Jika tidak ditangani dengan baik maka penyakit ini bisa menyebar dengan cepat dan menginfeksi tanaman lain.

Kelima penyakit diatas sebenarnya hanya sedikit dari banyaknya penyakit yang menyerang tanaman pinang. Jika tidak ditangani dengan benar maka kemungkinan penyakit untuk menyebar dan menginfeksi tanaman lain akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, kebanyakan petani akan menggunakan cairan kimia untuk mengatasi hal tersebut.

Sebagai konsumen, Anda harus menyadari jika penggunaan zat kimia seperti insektisida akan sulit dihindari. Walaupun jika digunakan dalam jumlah terbatas, zat-zat tersebut tidak terlalu membahayakan manusia tapi hal tersebut sangat sulit untuk diketahui. Oleh sebab itu, pastikan jika Anda membersihkan buah pinang dengan bersih sebelum mengolahnya.