Pertanian

Gejala Serangan Rayap Buah Pinang dan Pengendaliannya

Tanaman perkebunan tidak dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit dan hama termasuk tanaman buah pinang. Salah satu hama yang sering menyerang pohon...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Gejala Serangan Rayap Buah Pinang dan Pengendaliannya

Tanaman perkebunan tidak dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit dan hama termasuk tanaman buah pinang. Salah satu hama yang sering menyerang pohon pinang adalah rayap atau termit. Serangan rayap buah pinang dapat terjadi sewaktu-waktu terutama pada musin kemarau.

Akibat serangan rayap buah pinang

Rayap merupakan jenis hama yang gemar menggerogoti kayu. Serangga ini umum dijumpai di negara-negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Hama ini berdampak negatif pada hasil panen pinang kerena menggangu pertumbuhan batang dan akar.

Hama rayap berpotensi menghambat pertumbuhan tanaman pinang. Biasanya serangan termit atau rayap terjadi saat musim kemarau. Rayap menyerang benih, pangkal batang, hingga pelepah. Akibatnya bagian pucuk menjadi layu. Jika tidak dikendalikan, serangan rayap ini dapat membuat tanaman mati.

Rayap secara berkoloni bergerak di sekitar akar dan batang. Akibatnya, tanaman beresiko tumbang. Tanaman pinang yang ditanam di lahan gambut berpotensi tinggi  terkena serangan hama rayap. Biasanya rayap menyerang tanang pinang saat tanaman berusia 2 – 3 tahun.

Gejala serangan rayap

Gejala Serangan Rayap Buah Pinang dan Pengendaliannya

Penting bagi petani untuk mendapat informasi mengenai keberadaak hama pinang ini sehingga pengendalian tanaman pinang dapat dilakukan dengan baik. Tanaman pinang bayak ditanam di lahan gambut di Sumatra. Pemanfaatan lahan gambut menjadi area perkebunan mendorong perubahan status rayap dari serangga menjadi hama.

Serangan rayap terjadi pada pohon rayap yang ditaman dekat dengan tunggul pohon atau sisa-sisa kayu hutan. Gejala umum dari serangan hama ini terlihat sangat jelas dari terbentuknya lorong-lorong tanah. JIka anda menemukan lorong-lorong tanah di sekitar bonggol tanaman, ini tandanya tanaman terserang hama rayap.

Serangan rayap pada batang bagian dalam dapat dilihat dari daun yang menguning dan pelepah patah. Jika tidak dikendalikan, intensitas serangan akan semakin berat. Bonggol dan sistem perakaran akan rusak dan lama-kelamaan sudah tidak mampu menahan berat tanaman.

Ketika gejala pertama kali muncul, pengendalian hama harus segera dilakukan. Jika dibiarkan, kerusakan tanaman akan semakin parah dan tanaman tak bisa diselamatkan lagi. Berikut adalah cara-cara pengendalian serangan hama rayap pada tumbuhan pinang.

Cara pengendalian

Kesuksesan pengendalian rayap sangat bergantung pada timing dan monitoring. Sebaiknya kgiatan pngendalian dan monitoring dilaksanakan pada waktu bersamaan. Monitoring dilakukan dengan metode sensus dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan tergantung berapa banyak tanaman yang rusaj.

Pengendalian rayap di perkebunan pinang dilalukan dengan menggunakan termisida cair yang mengandung zat aktif klorpirifos, sipermetrin, dan fipronil. Terdapat 3 tim dalam pelaksanaan monitoring yaitu tim sensus, tim pembongkar, dan tim penyemprot.

Masing-masim tim mempunyai tugas sendiri. Tim sensus bertugas mengamati dan menandai tanaman pinang yang terserang rayap. Kemudia, tim pembongkar membersihkan lorong-lorong tanah yang terbentuk karena rayap. Setelah itu, tim penyemprot menyemprot termisida pada tanaman.

Termisida disemprot tak hanya pada tanaman yang terserang tetapi juga pada tanah dan tanaman di sekelilingnya sebagai  tindakan pencegahan. Setelah penyemprotan selesai, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui efektivitas tindakan pengendalian.

Selain metode sensus, ada beberapa metode lain yang dapat digunakan untuk mngendalikan serangan rayap buah pinang yaitu metode perangkap dan menggunakan jamur. Mempelajari metode-metode tersebut sangat penting bagi petani terutama bagi mereka yang menanan pinang di lahan gambut.

Semakin luasnya pemanfaatan lahan gambut untuk penanaman pinang membuat informasi mengenai cara pengendalian rayap ini sangat penting diketahui oleh petani.