Pertanian

Hama Pinang yang Biasa Menyerang dan Cara Mengatasinya

Jika ingin melakukan budidaya pinang maka sangat diperlukan kewaspadaan terhadap makhluk hidup lain yang bisa menyerang sewaktu-waktu yang disebut sebagai hama pinang....

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Membahas Hama Pinang

Jika ingin melakukan budidaya pinang maka sangat diperlukan kewaspadaan terhadap makhluk hidup lain yang bisa menyerang sewaktu-waktu yang disebut sebagai hama pinang. Makhluk hidup ini umumnya menjadi musuh alami para petani yang menanam pinang.

Biasanya hama ini berukuran kecil dan akan menyerang secara berkelompok. Lalu seperti apa hama pinang yang selalu membuat petani kewalahan?

Berbagai macam hama pinang yang meresahkan

Membahas Hama Pinang

Bisa dikatakan bahwa hama adalah musuhnya para petani. Tahukah anda bahwa hama-hama ini bisa muncul dari berbagai macam kelompok seperti berasal dari kelompok mamalia bahkan sampai serangga. Berikut ada beberapa hama pinang yang sering sekali meresahkan para petani yang sering sekali muncul.

Ulat kantong

Hama pinang pertama adalah ulat kantong yang umumnya ditemukan berada di bawah daun dan di pohon pinangnya. Hewan ini akan membuat lubang-lubang kecil pada daun tersebut sebagai tempat tinggalnya.

Jika anda menemuinya maka ulat kantong ini dapat dibasmi dengan menggunakan bahan kimia yaitu dengan menyemprotkan insektisida dimana mengandung bahan aktif acephate yang dosisnya 100 gr di dalam 250 ml air. Semprotkan dosis insektisida tersebut pada setiap 10 pohon pinang.

Baca juga: Penjual pinang berkualitas super.

Rayap

Rayap juga merupakan hama yang biasanya menyerang benih pohon pinang di musim kemarau. Awalnya serangga jenis ini akan menyerang bagian pangkal batang pohon pinang lalu menjalar ke bagian pucuk pohon pinang. Akibatnya pucuk pohon pinang tersebut layu sampai inangnya akhirnya mati. Anda bisa membasminya rayap ini dengan cara menimbun pangkal batang menggunakan pasir.

Belalang

Selanjutnya adalah belalang yang juga dapat merugikan para petani pohon pinang. Umumnya belalang ini akan menyerang bagian helaian daun, sehingga menyebabkan daun tersebut berlubang. Tidak perlu khawatir karena hama ini  juga dapat dikendalikan dengan cara menghancurkan sarang belalang atau dengan cara kimia dapat menggunakan insektisida berbahan aktif fipronil dengan dosis 2,50 ml/L air.

Ulat bunga

Ini adalah hama pinang selanjutnya dimana biasanya ulat ini akan hidup dan berkembang pada bagian bunga lalu mengisap cairan bunga tersebut.  Nanti ketika sudah dewasa maka ulat ini akan meletakkan telurnya di dalam seludang.

Kalau sudah begini maka seludang tidak dapat terbuka secara baik. Cara membasmi ulat ini yaitu bisa menggunakan bahan kimia yaitu insektisida yang mempunyai bahan aktif malathion 50% EC sebanyak 2 ml/L air.

Manfaat biji pinang untuk wajah

Tahukah anda bahwa buah pinang menyimpan khasiat yang luar biasa yang baik untuk kesehatan dan kecantikan wajah anda. Satu biji buah pinang dapat membuat wajah anda bersih tanpa noda. Mengapa? Karena biji pinang ini mengandung zat tanin yang cukup tinggi yang mampu mengecilkan pori-pori sehingga membuat kulit menjadi halus dan mulus.

Bukan hanya itu tetapi biji pinang juga mempunyai manfaat yang dapat membasmi jamur serta dapat mencegah pembentukan zat radikal bebas dimana  juga dijadikan sebagai antioksidan yang dapat menghindari terjadinya reaksi yang tak terkendali di wajah. Banyak Manfaat baik yang terdapat pada biji pinang untuk kesehatan kulit anda.

Jika anda memiliki hama pinang anda maka tidak perlu resah karena anda dapat membasminya dengan mudah baik secara alami maupun dengan bahan kimia dan jika anda ingin memiliki wajah yang mulus, bersih tanpa noda maka anda bisa mengolah biji pinang untuk menikmati khasiatnya.