Bisnis

Harga Pinang Belah di Pasaran

Biji pinang dikenal sebagai komoditas pertanian dengan segudang manfaat seperti mengatasi berbagai masalah kesehatan, bahan kosmetik, dan sebagainya. Tak heran harga Pinang...

Written by Jamaluddin · 2 min read >
Proses Pengolahan Pinang Belah Kering

Biji pinang dikenal sebagai komoditas pertanian dengan segudang manfaat seperti mengatasi berbagai masalah kesehatan, bahan kosmetik, dan sebagainya. Tak heran harga Pinang Belah di Pasaran tergolong tinggi dibandingkan komoditi lainnya.

Di pasaran terdapat berbagai bentuk pinang salah satunya pinang belah. Berapakah harga pinang belah saat ini?  

Berapa harga pinang belah terbaru?

Biji pinang biasanya dijual di pasaran berupa biji utuh, kupas, bubuk, irisan, atau belah. Dari semua bentuk tersebut, pinang belah termasuk bentuk yang umum dijumpai. Seperti hasil pertanian lainnya, harga pinang belah berubah-ubah karena berbagai faktor. 

Seperti komoditas pertanian lainnya, harga pinang memiliki tingkat fluktuasi tinggi. Terkadang harga tiba-tiba melonjak tinggi dalam hitungan hari atau bahkan jam. Sebaliknya, harga dapat turun drastis sewaktu-waktu. Pola perubahan harga ini sudah sangat dipahami oleh petani dan penjual. 

Faktor-faktor yang mempengaruhi harga pinang di antaranya adalah biaya input yang meliputi harga pupuk, benih, dan tenaga kerja. Jika harga input tinggi, harga pinang juga akan naik. Faktor lainnya adalah perubahan harga komoditas lain, cuaca, dan perubahan teknologi. 

Lalu berapakah harga terbaru pinang belah? Apabila anda membeli langsung ke petani, tentu harganya sangat murah. Per kilogramnya, pinang belah dihargai sekitar Rp12.000,-. Tetapi harganya menjadi tinggi ketika sudah masuk toko. Per kilogramnya harga pinang belah bisa mencapai Rp50.000,-. 

Proses pengolahan pinang belah

Ciri-ciri biji pinang berkualitas bagus adalah berwarna coklat muda dengan sedikit corak putih. Semakin tua warna biji pinang, kualitasnya semakin menurun. Kualitas biji pinang dan nilai ekonominya paling utama dipengaruhi oleh proses pengolahannya. 

Sebelum dijual, biji pinang belah harus melewati tahap klasifikasi atau penyortiran. Tujuannya adalah memisahkan biji berkualitas baik dan jelek. Hanya biji berkualitas baiklah yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. 

Sebelum disortir, terlebih dahulu biji pinang dibelah menjadi 2. Tujuannya adalah untuk memudahkan memisahkan biji dengan serabutnya. Biji pinang yang sudah dibelah inilah yang disebut dengan pinang belah. 

Tahap berikutnya adalah pengeringan. Proses pengeringan bertujuan mengurangi kadar air dalam biji pinang. Proses ini memakan waktu kurang lebih 2 minggu. Setelah kering, biji dibersihkan baru kemudian disortir. 

Pengklasifikasian biji pinang belah dilakukan dengan dua cara. Cara pertama adalah menggunakan metode visual yaitu berdasarkan warna yang dilakukan dengan tenaga manusia. Tetapi cara tradisional ini mulai ditinggalkan karena memilikinya banyak kekurangan. 

Kelemahan metode visual antara lain tingkat akurasi rendah, kapasitas rendah, dan hasil tidak konsisten. Karena banyaknya tersebut, petani mulai beralih menggunakan mesin sortir yang mulai banyak dikembangkan di Indonesia. Tetapi kebanyakan mesin sortir hanya menyortir biji berdasarkan ukuran. Mesin yang dapat menyortir biji berdasarkan warna masih jarang ditemukan. 

Manfaat pinang belah

Harga Pinang Belah di Pasaran

Walaupun harga pinang belah cenderung fluktuatif, permintaan pasar selalu tinggi. Bahkan pada saat harga tinggi, masih banyak orang yang membeli pinang belah. Hal ini karena pinang belah memiliki bermacam manfaat. 

Pemulihan stroke 

Walaupun belum banyak bukti klinis tentang hubungan konsumsi pinang belah dengan tingkat pemulihan stroke, banyak orang percaya bahwa pinang belah dapat mempercepat pemulihan stroke. Pemulihan yang dimaksud adalah dalam hal berbicara, kekuatan otot, dan kontrol buang air besar. 

Kesehatan gigi dan mulut 

Penelitian membuktikan bahwa pinang belah mengandung anti bakteri khususnya bakteri yang berkembang di mulut. Karena itulah, konsumsi pinang dipercaya mampu menyembuhkan gigi berlubang. Beberapa merek pasta gigi mengandung pinang sebagai salah satu bahannya. 

Selain gigi berlubang, pinang juga dianggap efektif mengatasi mulut kering. Mengunyah pinang cenderung membuat produksi ludah meningkat. Hal ini mungkin berguna bagi penderita mulut kering akibat diabetes, Sjogren’s syndrome atau penyakit degeneratif lainnya. 

Tetapi tidak disarankan mengkonsumsi pinang dalam jangka panjang karena dapat menimbulkan berbagai macam efek samping. Sayangnya bagi sebagian orang, mengunyah pinang  terlanjur menjadi kebiasaan. Efek samping yang diakibatkan dari penggunaan pinang berlebih adalah insomnia, anemia, psikosis, demam, kejang, dan sebagainya. 

Mengontrol diabetes 

Beberapa riset menunjukkan bahwa pinang mengandung zat arecoline yang berfungsi menurunkan gula darah. Namun hal ini masih menjadi perdebatan karena di beberapa penelitian justru arecoline dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. 

Membuat wajah kinclong 

Ternyata pinang dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Pinang mengandung zat tanin yang cukup tinggi. Diaplikasikan pada wajah sebagai masker, pinang dapat memperkecil pori-pori sehingga kulit wajah tampak halus. Selain itu, masker parutan pinang diyakini mampu menyembuhkan iritasi pada kulit karena mengandung anti mikroorganisme. 

Potensi usaha pinang belah

Banyaknya manfaat pinang seperti disebutkan di atas mampu menarik banyak konsumen. Permintaan pasar yang tinggi membuat potensi bisnis pinang belah cukup menjanjikan. Sementara itu, jumlah pebisnis pinang di Indonesia masih sangat terbatas. Hal inilah yang membuka peluang tinggi untuk berbisnis pinang.

Biji pinang dapat dijual ke pasar, pengepul, atau perusahaan obat herbal. Bahkan, biji pinang dapat diekspor ke luar negeri dengan harga tinggi. Biasanya biji pinang dari Indonesia diekspor ke negara-negara di Asia Selatan seperti Bangladesh, Pakistan, dan India. 

Dalam kurun 2 tahun terakhir, ekspor pinang ke negara-negara  tersebut meningkat cukup signifikan. Di negara tujuan, pinang diolah menjadi bahan baku obat-obatan dan permen. Selain itu, sama seperti di Indonesia, mengunyah pinang juga menjadi tradisi dan budaya di negara-negara Asia Selatan.

Harga pinang belah memang tidak selalu stabil. Tetapi hal ini tidak menjadi masalah dalam membuka usaha jual beli pinang. Asal produk berkualitas, anda dapat menjual pinang belah dengan harga tinggi. 

Cara membeli pinang terbaik

Cara Membeli Pinang Terbaik

Jamaluddin in Bisnis
  ·   1 min read