Pertanian

Yuk Mengenal Varietas Pinang Hibrida yang harganya terus Meroket

Pohon pinang termasuk jenis tanaman yang dikenal luas di masyarakat karena penyebarannya cukup luas di berbagai daerah. Selain itu segudang manfaat yang...

Written by Jamaluddin · 3 min read >
Pinang Hibrida yang harganya terus Meroket)

Pohon pinang termasuk jenis tanaman yang dikenal luas di masyarakat karena penyebarannya cukup luas di berbagai daerah. Selain itu segudang manfaat yang dihasilkan buah pinang, membuat buah satu ini dicari banyak orang.

Ada banyak jenis pinang yang terus berkembang seiring beriring berkembang nya teknologi pertanian. Salah satu varietas pinang yang terkenal saat ini  adalah pinang hibrida, yang harga jualnya tinggi.

Selama ini pinang banyak dikenal sebagai salah satu bahan utama obat-obatan, bahan pewarna, hingga sabun. Adapun manfaat pinang untuk Kesehatan diantaranya, dapat meningkatkan nafsu makan, mengatasi cacingan,mengobati masalah pencernaan, menghentikan pendarahan, melindungi gigi, mengatasi bau mulut,mengobati glaucoma, baik untuk kesehatan kulit dan yang paling terkenal buah pinang dapat meningkatkan gairah seksual pada pria.

Di Indonesia, terdapat varietas pinang yang tersebar hampir di seluruh pulau di Inonesia. Salah satu varietas unggul yakni Pinang Hibrida yang harga jualnya terus meningkat. Lantas apa saja varietas pinang yang ada di Indonesia, beriku uraiannya.

Pinang Hibrida yang harganya terus Meroket)

Pinang Hibrida Thailand

Varietas pinang pertama adalah pinang hibrida Thailan. Saat ini pinang hibrada thailan mulai dibudidayakan di Inonesia. Meski harga bibitnya lebih malah dibandingkan dengan yang lainnya, pinang hibrida lebih diminati karena beberapa keunggulan yang dipunya.

Pinang hibridaini Thailand memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis pinang unggul lainnya. Keunggulan yang dipunya pinang ini antara lain; pohon pinang jenis ini memiliki tinggi batang berkisar antara 1,5 – 2 Meter.

Pohon hibra Thailand mulai berbuah pada kisaran umur 3 – 4 tahun serta memiliki masa produktif berbuah sampai 25 – 30 Tahun. Varietas pinang ini dipercaya dapat menghasilkan banyak buah dan produktif yang lama.

Pinang Betara

Jenis pinang selanjutnya adalah pinang Betara. Pinang ini berasal dari Betara, Tanjung Jabung Barat, Jambi.  Jenis pinang ini telah dsertifikasi oleh kementrian perkebunan Jambi. Pinang jenis ini akan tumbuh dan berkembang dengan baik di lahan gambut.

Pohon pinang betara mulai berbunga pada kisaran umur 4-5 tahun dan akan panen pada umur 6-7 tahun.  Buah pinang jenis ini berwarna hijau tua saat muda dan berwarna oranye ketika matang.

Buah pinang Betara berentuk oval seperti telur terdapat sabut berwarna putih agak kecoklatan pada bagian dalamnya, sedangkan pada bagian luar berwarna oranye. Tempurung buahnya berwarna putih kekuningan, sedangkan bijinya berwarna agak kecoklatan.

Pinang Bulawan

Dari Sulawesi Utara , kota Kotamogu terdapat varietas unggul pinang, yaitu pinang Bulawan. Keunggulan pinang ini terletak pada ukuran buahnya. Buah pinang ini lebih besar, dengan kadar tannin yang tinggi serta potensi produksi yang tinggi.

Pinang Merah atau pinang raja

Pinang merah (Gyrtostachys lakka Becc) atau biasa disebut pinang raja berasal dari Semenanjung Malaka, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan. Pinang jenis ini cirinya memiliki batang yang langsing, dengan daun majemuk menyirip berwarna hijau, dan pelepahnya berwarna kemerahan. Tanaman ini bisa tumbuh secara merumpun.

Pinang merah dapat tumbuh dengan hingga tinggi mencapai 10 m dan diameter sekitar 12 cm. Bentuk bunga pinang ini berbentuk malai dengan posisi bunga jantan dan bunga betinanya berada dalam kedudukan yang berselang-seling. Pinang merah menghasilkan buah pinang yang kecil, dengan ukuran panjang sekitar 1 cm dan diameter terlebar 6 mm yang bentuknya bulat telur.

Pinang Hutan

Pinang hutan (Pinanga Kuhlii B1),pinang jenis ini tumbuh subur di daratan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Pinang ini tumbuh secara merumpun dengan bentuk batang yang ramping dan berbuku-buku. Pinang hutan bisa tumbuh mencapai tinggi 2–6 m dengan diameter antara 2–5 cm.

pinang huutan mempunyai bunga berbentuk bulir, dengan panjang sekitar 15–20 cm dengan  5-20 anak bulir. Pada ketinggian 10-1.600 m di atas permukaan laut pinang hutan bisa tumbuh dengan baik apabila ditanam dtanah yang berada di pada

Pinang Irian

Jenis pinang selanjutnya adalah Pinang irian (Prychosperma macarthurii Nicholson). Namanya sesuai dengan daerah aslinya yaitu Irian Jaya. Saat ini, pinang ini telah menyebar luas ke seluruh penjuru Indonesia, bahkan laris manis sebagai tanaman hias di Benua Eropa. Pinang jenis ini tumbuh secara merumpun dengan tinggi batang dapat mencapai 4–5 m.

Daunnya  bersirip genap, rupa ujung anak daunnya bergerigi, serta pelepah daun menutupi ujung batangnya. Bentuk malai menggantung dan berpasangan merupakan bunga yang dimiliki pinang irian memiliki. Uniknya setiap bunga betina selalu diapit oleh dua bunga jantan sekaligus. Buah pinang Irian berbentuk bulat lonjong. Pinang jenis ini juga mengandung banyak zat tannin yang beracun.

Pinang Kelapa

Varietas pinang selanjutnya adalah Pinang kelapa (Actinorhytis calapparia BI Wendi).  Pinang yang asalnya dari Pulau Sulawesi ini saat ini sudah menyebar luas ke seluruh pelosok negeri sebagai tanaman hias.Tanaman ini sering juga disebut sebagai jawat oleh masyarakat suku jawa, sedangkan masyarakat suku sunda yang lebih suka menyebutnya jambe sinagar.

Sama halnya dengan pinang hibrida yang harga bibitnya tinggi, metode perbanyakan pinang kelapa bisa dilakukan melalui biji dan anakan. Istilah kelapa yang disematkan pada tanaman pinang ini lantaran pohon ini bisa tumbuh lebih tinggi dan lebih besar dari pada jenis-jenis pinang yang lain.

Bahkan pohon pinang kelapa mampu tumbuh hingga tingginya mencapai lebih dari 20. Pinang kelapa mempunyai rupa tajuk yang sangat indah. Buah pinang kelapa biasanya dimanfaatkan sebagai campuran bedak bayi dan menyirih.

Pinang Biru

Varietas selanjutnya adalah Pinang biru (Pinanga coronata B1 Mart). tanaman pinang ini tumbuh merumpun dengan tinggi pohon sekitar 5–6 m. Pinang biru memiliki daun bersirip dan bersel udang dengan warna cokelat kemerahan. Pinang ini paling banyak tumbuh di hutan basah pada ketinggian 10–600 m dpl.

Bunga pinang biru berbentuk bulir dan terdiri atas 5-20 rangkaian memanjang. Bunganya merunduk dan berwarna putih kekuningan. Pada bunga jantan bentuknya bulat telur, sedangkan bunga betina berkelopak dengan rupa yang mirip mahkota.

Buah pinang biru muda berwarna hijau dan berbentuk lonjong meruncing ke bagian ujung. Sedangkan buah yang telah masak akan berwarna jingga kemudian ungu kemerahan.