Pertanian

Harga Pinang Kering Meroket, Berkebun Pinang Pilihan Tepat

Tahukah Anda bahwa pinang kering merupakan salah satu komuditi ekspor di Aceh dengan harga yang tinggi. Pinang kering berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat...

Written by Jamaluddin · 2 min read >
Pinang Kering Tahan Berapa Lama untuk Disimpan

Tahukah Anda bahwa pinang kering merupakan salah satu komuditi ekspor di Aceh dengan harga yang tinggi. Pinang kering berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatannya perekonomi. Pinang kering Aceh telah diekspor keberbagai negara besar, seperti negara India, Pakistan, Cina, Singapura, Malaysia, Thailan dan beberapa negara lain.

Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang, kabupaten Aceh Utara merupakan daerah pengahsil pinang terbesar di Aceh. Kecamatan Sawang adalah salah satu kawasan perkebunan pinang terbesar yang berada di Aceh, dan komoditas pinang menjadi salah satu mata pencaharian utama warga setempat.

Dari hasil uji kwalitas dan mutu menunjukan pinang yang berasal dari kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara merupakan kualitas pinang terbaik dibandingkan dengan daerah lain baik dari segi buahnya maupun getahnya.

Kwalitas pinang yang dihasilkan sangat baik, tak heran jika pinang asal kecamatan Sawang menjadi komoditas yang paling banyak diburu oleh para tengkulak pinang untuk di ekspor keluar negeri.

Di daerah ini budidaya tanaman pinang masih banyak yang dilakukan secara tradisional atau konvesional. Padahal jika budidaya pinang dilakukan secara intensif, maka penghasilan yang diperoleh jauh lebih tinggi dari budidaya tanaman lainnya, seperti sawit dan komoditas lain. Nah berikut kita ulas tentang budidaya pinang yang katanya seperti menabung emas.

Budidaya Pinang

Berkebun pinang adalah salah satu pilihan bijak yang bisa Anda coba. Budidaya pinang ibarat Anda menabung emas. Harga pinang kering di pasaran terus meroket setiap harinya. Jika budidaya pinang dilakukan secara intensif dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik, maka akan mampu menghasilkan pinang yang lebih banyak.

Pemeliharaan intensif dimulai dari tahap pembibitan. Pemilihan bibit unggul berkwalitas menjadi salah satu syarat penting untuk memulai budidaya pinang. Dengan bibit unggul berkwalitas akan memperoleh hasil produksi pinang yang maksimal.

Setelah dilakukan pembibitan langkah kedua untuk menghasilkan produksi pinang yang maksimal adalah dengan melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan tanaman pinang dimulai dari penyulaman tanaman yang mati atau rusak. Selanjutnya lakukan pemupukan 2 kali selama setahun. Jangan lupa untuk melakukan penyiangan gulma dan pengairan.

Langkah selanjutnya yaitu penangan hasil panen. Umumnya pinang dijual dalam kondisi kering yeng telah dijemur. Harga pinang kering lebih tinggi dibandingan dnegan pinang yangmasih basah. Selain itu pinang kering akan tahan lama sehingga dapat di ekspore ke berbagai negara.

Syarat Tumbuh Pohon Pinang :

Setiap tanaman pastinya mempunyai syarat tumbuh yang berbeda. Anda harus tahu tempat yang sesuai dengan syarat tumbuh suatu tanaman, agar hasil yang diperoleh bisa berlipat-lipat. Jika Anda akan menanam pinang perhatikan beberapa persyaratan dalam penanaman pinang, antara lain :

Tinggi Tempat

Pada ketinggian 0–1.000 m dpl (meter diatas permukaan laut) tanaman Pinang dapat berproduksi dengan optimal. Idealnya tanaman pinang ditanam pada ketinggian dibawah 600 m diatas permukaan laut. Agar dapat tumbuh maksimal dan menghasilkan pinang yang berlipat-lipat.

 Tanah

Kondisi tanah beraerasi baik, merupakan tanah yang ideal untuk menanam pinang. Dengan kondisi solum tanah dalam tanpa lapisan cadas. Jenis tanah laterik, lempung merah dan alluvial adalah tanah yang tepat. Tingkat keasaman tanah yang baik untuk pertumbuhan tanaman pinang sekitar pH 4-8.

Curah Hujan

Tanaman pinang sangat baik ditanam pada daerah dengan tipe iklim sedang dan agak basah (bulan basah 3 – 6 bulan/tahun dan bulan kering 4-8 bulan/tahun). Dengan curah hujan antara 750-4.500 mm/tahun yang merata sepanjang tahun atau hari hujan sekitar 100-150 hari yang dikehendaki tanaman pinang dapat tumbuh dengan optimal.

Suhu dan Kelembaban

Pada suhu optimum antara 20º – 32º C tanaman pinang akan tumbuh dengan baik. Kelembaban udara yang dikehendaki tanaman pinang antara 50 – 90 %.

Penyinaran

Cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang tanaman pinang. Pengaruhnya mulai dari ruas batangnya akan lebih pendek dibanding tanaman yang terlindung.tanaman dengan penyinaran yang sesuai akan cepat tinggi dan menghasilkan fisik tanaman lebih kuat. Sehingga menghasilkan persentase bunga untuk menjadi buah lebih besar.

Harga Pinang Kering Meroket

Penyinaran yang dibutuhkan tanaman pinang berkisar antara 6-8 jam/hari. Tindakan budidaya tanaman pinang lainnya yang musti diperhatikan yang menyangkut faktor penyinaran antara lain pengaturan jarak tanam, pengaturan tanam, pengaturan sistem intercropping, penggunaan naungan dan pengunaan pohon pelindung, serta penambahan cahaya.

Keuntungan berkebun pinang

Jika penamanan dilakukan dengan intensif dan pememilaraan yang baik akan menghasilkan pinang yang berlipat-lipat. Nah berikut perkiraan perhitungan hasil panen pinang pada perkebunan yang dilakukan dengan intensif dan pememilaraan yang baik.

Satu tanaman pinang dalam setiap bulan mampu menghasilkan buah segar sekitar 3 kg atau 1 kg buah pinang kering. Jika dalam satu hektar dapat ditanam pohon pinang sekitar 1200 batang, maka rata-rata hasil produksi per hektar berkisar 1.200 kg atau 1,2 ton biji pinang kering per bulanya. Menarik bukan hasilnya.

Jika harga jual pinang kering pada Agustus 2020 ini dapat mencapai Rp.35.000 perkilo. Maka dalam satu hektar kebun pinang, seorang petani akan bisa menghasilkan pendapatan sekitar Rp.42.000.000,- per bulan (1.200 kg x Rp.35.00). Hasil yang fantastic bukan, lebih besar dari pada gaji seorang wali kota.

Berkebun pinang memang seperti menabung Emas. jika mendapatkan perawatan secara baik dan benar, akan mampu bertahan hingga ratusan tahun dan menghasilkan uang puluhan juta setiap bulannya. Namun sayangnya keunggulan komoditas pinang kurang disosialisaikan. Sehingga peluang pasarnya sangat kurang, dan membuat para petani mudah terpedaya dengan keunggulan komoditas lain”