Pertanian

Harga Pinang Merah dengan Kualitas yang Baik

Pinang merah adalah tanaman hias yang bentuknya mirip dengan palem. Selain berfungsi sebagai dekorasi taman, pinang merah dianggap sebagai tanaman pembawa rezeki....

Written by Jamaluddin · 2 min read >
Pinang Merah Berasal dari Daerah Mana?

Pinang merah adalah tanaman hias yang bentuknya mirip dengan palem. Selain berfungsi sebagai dekorasi taman, pinang merah dianggap sebagai tanaman pembawa rezeki.

Apakah anda tertarik memiliki tanaman ini? Harga pinang merah cukup terjangkau dan tanaman ini banyak dijual di toko tanaman ataupun toko online.

Berapa harga pinang merah saat ini?

Pinang merah banyak tumbuh di Sumatera dan Kalimantan. Tanaman ini juga banyak ditemukan di Malaysia dan Thailand. Meski demikian, anda yang berada di luar daerah-daerah tersebut tetap dapat menikmati keindahan tanaman ini karena sekarang sudah banyak yang membudidayakannya. 

Tanaman dan bibit pinang merah tersedia di toko tanaman hias baik toko offline maupun online. Bagaimana dengan harga pinang merah? Harga yang ditawarkan berbeda-beda tergantung dari ukuran tanaman. 

Pohon pinang merah dengan tinggi 70 – 100 cm rata-rata dijual di kisaran harga Rp50.000,-. Selain tersedia dalam bentuk tanaman, pinang merah biasanya dijual dalam bentuk biji benih. Harganya cukup murah  yaitu sekitar Rp2.000,- saja per bijinya.  

Ciri dan deskripsi pinang merah

Pinang merah dikenal sebagai maskot provinsi Jambi. Pohon pinang merah disebut sebagai palem merah karena bentuk daun dan batangnya menyerupai pohon palem namun pelepahnya berwarna merah menyala. Bentuknya yang unik membuatnya populer sebagai tanaman hias.

Pinang merah mempunyai tinggi antara 6 – 14 meter. Walaupun setinggi itu, diameter batangnya tidak terlalu besar bahkan terbilang ramping. Warna daunnya hijau terang, sangat kontras dengan pelepahnya yang berwarna merah menyala. Daunnya agak melengkung, bersirip, dan memiliki anak-anak daun yang kaku. 

Pinang merah dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang ditanaman di kebuh atau halaman rumah. Sebagian masyarakat Jambi percaya bahwa pinang merah memiliki kekuatan gaib di mana jika ditanam di pekarangan rumah mampu melindungi penghuninya dengan cara menolak segala bala, santet, dan guna-guna.

Cara menanam pinang merah

Harga Pinang Merah untuk Pecinta Tanaman Hias

Jika tertarik dengan keindahan dan keunikan pinang merah, anda dapat menanamnya sendiri di rumah. Caranya hampir sama seperti menanam tanaman lain. Berikut ini langkah-langkah membudidayakan pinang merah. 

Menyemai biji 

Pinang merah dapat diperbanyak dengan dua cara yaitu melalui biji dan tunas. Menyemai biji lebih banyak bahkan hingga 6 bulan. dipilih karena tingkat keberhasilannya lebih tingga. Tetapi butuh waktu lama sampai tumbuh tunas

Pertama, siapkan media tanam untuk menyemai biji. Media tanam berupa kombinasi pasir, kompos, dan pupuk kandang dengan komposisi yang sama. Wadah untuk menanan bisa berupa starifum atau kotak peti. Biji pinang merah juga bisa desemai langsung di atas tanah tanpa wadah. 

Langkah selanjutnya adalah menyemai biji. Pastikan biji berkualitas bagus. Biji berkualitas jelek kecil kemungkinannya untuk tumbuh. Ciri-ciri biji yang bagus adalah brwarna coklat atau hitam, keras, dan tidak pecah.  

Kubur biji palem merah di media tanam dengan kedalaman sekitar 2 cm. Siram sehari sekali agar kondisi media tanam tetap lembab. Selang beberapa bulan, kecambah palem merah akan tumbuh. Pindahkan ke polybag. 

Menaman dari tunas atau anakan

Selain melalui biji, cara lain menanam pinang merah adalah dengan menghasilkan anakan. Caranya bisa dengan irisan bertahap atau irisan langsung. Iris anakan pinang merah dalam empat tahap berselang 10 hari sampai seluruh anakan dapat dilepas dari induknya. 

Jika menggunakan metode irisan langsung, iris langsung seluruh anakan hingga putus tetapi jangan dilepaskan dari rumpun. Biarkan irisan tersebut berkembang beberapa bulan baru kemudian angkat irisan anakan tersebut dengan gerakan memutar. 

Langkah selanjutnya adalah mengolah media tanam. Tanam anakan pinang merah dalam pot yang terbuat dari tanah liat. Ukuran pot disesuaikan dengan pinang merah yang akan ditanam. Buat media tanam dari campuran pasir, tanah basa, dan pupuk kandang dengan perbandingan sama. 

Media tanam alternatif dapat berupa campuran pasir, sabut kelapa, dan sekam padi dengan perbandingan 1:2:1. Usahakan kondisi tanah tidak terlalu asam. Jika asam, gunakan kapur dolomite sebanyak 200 gram/10 kg media tanam. Tujuannya adalah mengapurkan tanah sehingga menjadi basa. 

Anda juga bisa menanam pinang merah langsung di tanah atau tanpa pot. Beri jarak 3 meter. Buat lubang tanam sesuai dengan ukuran tanaman. Masukkan tanaman ke dalam lubang dan timbung dengan tanah hingga pangkal batang. 

Cara merawat tanaman hias pinang merah

Agar dapat berkembang baik, pinang merah harus dirawat dengan baik. Proses perawatan cukup mudah. Ada 2 hal yang harus diperhatikan yaitu pemupukan dan pengairan. Berikan 2 macam pupuk. Puput organik diberikan 3 kali setahun. Demikian juga pupuk non-organik. 

Selain pemupukan, pengairan adalah hal penting dalam perawatan pinang merah. Siram tanamnya secukupnya saja. Hindari memberikan air berlebihan. Kurangi intensitas penyiraman saat musim hujan. Terlalu banyak air dapat mengakibatkan tanaman busuk dan tidak berkembang dengan baik. 

Jangan lupa untuk membersihkan gulma di sekitar tanaman paling tidak dua bulan sekali. Untuk menjaga bentuk pinang merah agar tetap cantik, pangkas batang yang mati. 

Setelah mengetahui cara menanam dan merawat pinang merah, anda dapat membudidayakannya dan menjual hasil budi daya tanaman pinang merah. Saat ini peminat tanaman hias cukup banyak. Asal bibit dan tanaman mempunyai kualitas baik, anda bisa menawarkan harga pinang merah lebih tinggi. 

Jenis palem-paleman memang selalu laku di pasaran. Selain bentuknya menawan, perawatannya pun mudah. Tak heran jika pinang merah menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias.