Pertanian

Kisaran Harga Pinang Muda per Agustus 2020

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan khasiat buah pinang muda atau jambe. Buah yang berbentuk oval seperti telur ini banyak dikonsumsi...

Written by Jamaluddin · 2 min read >
Kandungan Pinang Muda dan Manfaatnya

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan khasiat buah pinang muda atau jambe. Buah yang berbentuk oval seperti telur ini banyak dikonsumsi atau digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, kesehatan, dan kesuburan. Harga pinang muda cukup terjangkau sehingga banyak masyarakat yang rutin mengkonsumsinya.

Kisaran harga pinang muda

Banyaknya khasiat pinang muda membuat banyak orang tertarik membelinya. Saat ini mudah sekali menemukan penjual yang menjual pinang muda baik di pasar maupun toko online. Harganya bervariasi. Rata-rata di kisaran Rp50.000,- per kilogram. 

Kebanyakan pinang dijual dalam bentuk buah segar. Tetapi beberapa toko juga menjualnya dalam bentuk pinang muda kering, bubuk dalam kapsul, dan bahkan dibuat jus dalam botol. Tujuannya adalah agar konsumen lebih praktis mengkonsumsinya. Pinang muda yang sudah diolah menjadi kapsul atau jus tentunya mempunyai harga lebih tinggi. 

Untuk mendapat harga pinang muda lebih murah, anda dapat membeli di pasar atau langsung dari tengkulak. Tengkulak mendapat barang langsung dari petani sehingga harganya jauh lebih murah daripada harga di toko online. Tetapi di daerah yang bukan penghasil pinang, agak sulit untuk menemukan tengkulak. Biasanya pelanggan membeli dari penjual di pasar atau toko online.

Pinang muda vs pinang tua

Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa berbedaan antara buah pinang muda dan pinang tua. Dari segi manfaat, keduanya sebenarnya sama saja. Pinang muda dan pinang tua sama-sama sudah matang. Hanya saja pinang muda dipanen pada saat buah berumur 6 – 8 bulan atau saat buah masih hijau

Sementara itu pinang tua dipanen saat buah berumur lebih dari 8 bulan ketika buah sudah berwarna kuning. Baik pinang muda maupun pinang tua mempunyai umur simpan yang lama bila dikeringkan. Tanpa pengeringan, pinang muda lebih tahan lama. 

Karena lebih tahan lama, pinang muda dapat diekspor ke luar negeri sedangkan pinang tua harus dikeringkan terlebih dahulu sebelum dikirim ke luar negeri. Tidak ada perbedaan harga pinang muda dan pinang tua. 

Manfaat pinang muda untuk kesehatan

Harga Pinang Muda di Pasaran

Pasti anda sudah sering mendengar khasiat pinang muda kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah pinang muda untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Pinang muda untuk kesuburan 

Pinang muda dikenal masyarakat luas sebagai obat herbal untuk mengatasi masalah kesuburan bagi pria dan wanita. Banyak sekali manfaat pinang muda terkait masalah kesuburan mulai dari menyehatkan rahim, merapatkan vagina, mengatasi keputihan dan jamur, dan meningkatkan gairah seksual.

Tak heran jika banyak pasangan suami istri yang memilih pinang muda sebagai bagian dari program hamil. Konsumsi rutin selama satu minggu dipercaya dapat mengatasi masalah reproduksi. Tidak banyak riset mengenai manfaat pinang muda untuk kesuburan namun banyak masyarakat yang telah membuktikannya melalui pengalaman pribadi. 

Pinang muda untuk kesehatan anak 

Selain untuk pria dan wanita, pinang muda ternyata baik untuk menyembuhkan cacingan pada anak. Buah pinang mengandung zat arekoline. Senyawa ini bersifat kholinergik sehingga bagus juga untuk mencukupi kebutuhan energi sehari-hari. 

Kebanyakan anak tidak suka memakan buah pinang secara langsung. Karena itulah buah pinang sering ditumbuk hingga menjadi serbuk dan dimasukkan dalam kapsul. Jadi, pinang muda dikonsumsi seperti obat. 

Pinang muda untuk kecantikan 

Ingin kulit wajah halus dan lembut? Cobalah membuat masker alami dari bahan pinang muda. Sebagai masker yang diaplikasikan secara topikal, pinang muda tergolong aman digunakan. Cara membuat masker pinang muda sangat mudah, mirip seperti membuat masker herbal lainnya. 

Hancurkan biji pinang muda dengan cara diparut atau diblender. Masukkan ke dalam mangkok kemudian masker siap digunakan. Gunakan kuas atau jari-jari tangan untuk mengoleskannya pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit agar masker meresep. Bilas wajah dengan air berasih. 

Pinang muda untuk menambah nafsu makan 

Nafsu makan rendah seringkali dipandang sebagai masalah kecil. Bahkan orang cenderung berpikir bahwa mempunyai sedikit nafsu makan merupakan hal bagus karena penyakit datang dari makanan. Tetapi jika nafsu makan sama sekali tidak ada, tentunya hal ini berakibat fatal jika dibiarkan. 

Hilangnya nafsu makan dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi dan nutrisi. Akibatnya tubuh  terasa lemah dan mudah terkena penyakit. Konsumsi pinang muda dapat mengembalikan nafsu makan secara signifikan. 

Cara konsumsi pinang muda

Pinang muda dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Jika anda membeli pinang muda dalam bentuk buah segar, cukup kupas kulitnya dan makan langsung isinya. Untuk rasa yang lebih enak, buah pinang muda sebaiknya direbus terlebih dahulu kemudian minum air rebusannya saat masih hangat. 

Alternatif lainnya adalah dengan meminumnya dalam bentuk jus. Beberapa orang menambahkan bahan lain sebagai penambah rasa seperti gula, madu, atau lemon. Tetapi ada juga anggapan bahwa menambahkan bahan-bahan ini dapat mengurangi khasiat buah pinang muda.

Sementara itu untuk memperkuat gigi, buah pinang dapat langsung dikunyah. Banyak juga yang memanfaatkan parutan buah pinang sebagai masker wajah atau salep penyembuh luka. Sayangnya belum ada dosis yang pasti mengenai takaran pinang muda yang aman. 

Demikianlah informasi tentang buah pinang muda termasuk harga pinang muda di pasar. Buah berbentuk  bulat lonjong ini memiliki segudang manfaat. Namun masih perlu uji klinis untuk mengetahui keefektifan dan efek sampingnya. Karena itu bijaklah dalam memanfaatkan buah ini. Jangan berlebihan dan bila perlu konsultasikan pada dokter tentang segala masalah kesehatan anda.