Bisnis

Potensi Jual Beli Pinang di Indonesia

Saat ini jual beli pinang masih berkwmbang pesat hamoir di berbagai daerah kota sepwrti Sumatera. Banyaknya permintaan akan buah pinang membuat harga...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Seperti ini lah jual beli pinang

Saat ini jual beli pinang masih berkwmbang pesat hamoir di berbagai daerah kota sepwrti Sumatera. Banyaknya permintaan akan buah pinang membuat harga pinang juga melonjak dan cukup menguntungkan bagi petani atau pembudidaya pinang.

Ditambah lagi banyak masyarakat yang ingin menambah penghasilan dengan beralih kepada usaha jual pinang karena memang cukup memberikan hasil.

Harga jual beli pinang

Pinang adalah sejenis tanaman palem yang tumbuh di daerah daratan pasifik dan asia. Pinang yang sehari-harinya menjadi penghasilan petani di Indonesia ternyata menjadi andalan di setiap daerah.

Dan kini pinang begitu tersohor sampai di kalangan negara tetangga, bahkan di setiap bulan nya petani Indonesia mampu mengekspor sebanyak 40 kontainer pinang kering melalui jalur laut.  Misalnya negara India yang membutuhkan pinang ini maka akan dikirim melalui pelabuhan Batam lalu menuju pelabuhan di Singapura sehingga sampai ke negara India.

Bukan hanya negara India saja yang begitu minat dengan pinang dari indonesia, Pakistan dan Nepal juga ternyata sangat meminati hasil komoditi unggulan dari Indonesia ini. Juga ternyata peminat paling tinggi menurut  Dewan Rempah indonesia adalah negara India.

India yang begitu membutuhkan pinang dari Indonesia membuat pengiriman pinang harus dilakukan setiap bulan nya.

Di Indonesia sendiri harga jual pinang bulat berkisar Rp 21.000 sampai 25.000 per kilo. Namun untuk harga pinang iris atau pinang belah berkisar Rp.14.000 sampai 17.000 per kilo. Namun jika dilihat dari permintaan pinang dunia yang terus meningkat, maka diperkirakan harga pinang bisa mencapai Rp.40-50 ribu per kilo.

Alasan usaha jual beli pinang sangat menguntungkan

Seperti ini lah jual beli pinang

Usaha jual beli pinang memang cukup menjanjikan. Selain itu anda bisa menjadi petani pinang, dan bisa juga anda menjual produk pinang. Pinang kering memiliki  harga yang sangat kompetitif.

Untuk itu dibutuhkan keahlian dalam membudidayakan pinang jika hendak memutuskan berinvestasi di dalam jual beli pinang. Jika dilihat bahwa prospek bisnis pinang sangat menghasilkan income yang lumayan.

Peluang usaha dalam jual beli pinang memang sudah banyak dilakukan masyarakat pedesaan sebagai salah satu cara untuk menambah penghasilan mereka.

Keuntungan yang sangat menjanjikan dari pinang ini dirasakan sangat membantu dalam sektor perekonomian masyarakat. Usaha jual beli pinang dapat dimulai dari skala kecil terlebih dahulu selanjutnya kalau dirasa sudah cukup menghuni dari segi permintaan pasar yang semakin meluas baru lah dilanjutkan dengan diekspor ke luar negeri.

Dari biji buah pinang ini ternyata  sebagian ada juga perusahaan yang menjadikan pinang sebagai bahan baku  permen dan bisa juga sebagai pengganti rokok termasuk dimakan langsung bersama sirih. Selain itu biji pinang juga berpotensi sebagai bahan baku kosmetik sehingga industri kecantikan di dunia semakin berkembang. Itulah mengapa usaha jual beli pinang terus meningkat. Karena banyak permintaan.

Jika anda ingin memulai bisnis seperti ini sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu bagaimana teknik atau cara   pemasarannya dan mulai lah untuk mencari petani pinang sebagai mitra kerja sama bisnis dan dengan begitu anda bisa memulai usaha jual beli pinang dengan keuntungan tiga kali dalam sebulan dan mendapat hasil minimal 20 ton.

Bila produksi dari petani maksimal dan dengan penanganan yang tepat sehingga hasilnya juga akan bisa lebih tinggi hingga mencapai total 100 ton sebulan.

Cara membeli pinang terbaik

Cara Membeli Pinang Terbaik

Jamaluddin in Bisnis
  ·   1 min read
Proses Pengolahan Pinang Belah Kering

Harga Pinang Belah di Pasaran

Jamaluddin in Bisnis
  ·   2 min read