Pertanian

Ini Dia Khasiat Pinang Kering Super yang Tak Banyak Orang Tahu

Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing dengan pohon pinang. Pohon yang dapat tumbuh setinggi 1,5 meter ini termasuk dalam jenis pohon...

Written by Jamaluddin · 2 min read >
Proses Pengolahan Pinang Belah Kering

Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing dengan pohon pinang. Pohon yang dapat tumbuh setinggi 1,5 meter ini termasuk dalam jenis pohon palem. Pohon palem berbulu ini ternyata dapat dijadikan pinang kering super yang mempunyai banyak khasiat.

Pohon pinang banyak dibudidayakan di daerah tropis seperti India, Bangladesh, Jepang, Sri Lanka, Cina Selatan, Hindia Timur, Filipina, dan Indonesia. Pohon pinang dapat berbuah sepanjang tahun.

Buah pinang muda maupun yang tua dapat dikonsumsi dan memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut khasiat buah pinang yang tak banyak orang tahu.

Meningkatkan nafsu makan

Ternyata buah pinang dapat berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Tentunya gangguan nafsu makan tidak boleh dianggap sepele karena akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan dapat memicu gangguan tubuh lain yang lebih serius.

Anda bisa mengkonsumsi pinang kering super secara rutin sesuai kebutuhan. Buah pinang dipercaya dapat membangkitkan nafsu makan seseorang.

Mengobati gangguan pencernaan

Khasiat buah pinang selanjutnya adalah dapat mengobati gangguan pencernaan. Buah pinang dipercaya dapat membantu mengatasi masalah konstipasi atau kesulitan buang air besar.

Buah pinang juga kerap kali dijadikan ramuan untuk mengatasi diare karena memiliki kemampuan mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga dipercaya baik untuk memelihara kesehatan usus besar dan usus halus.

Mengatasi cacingan

Khasiat buah pinang selanjutnya masih berkaitan dengan pencernaan. Buah pinang dipercaya dapat mengatasi cacingan. Faktanya penyakit cacingan banyak dialami oleh anak-anak, namun tidak jarang juga orang dewasa yang terkena cacingan.

Keberadaan cacing sebagai parasite dalam saluran pencernaan dapat mengganggu sistem pencernaan dan menghambat penyerapan nutrisi untuk tubuh. Buah pinang kering super dipercaya ampuh untuk mengatasi cacingan.

Khasiat Pinang Kering Super yang Tak Banyak Orang Tahu

Menghentikan pendarahan

Tahukah Anda ternyata buah pinang bermanfaat dalam menghentikan pendarahan. Pinang dipercaya ampuh untuk menghentikan pendarahan. Pendarahan yang terjadi akibat luka di kulit ataupun mengatasi pendarahan akibat mimisan. Buah pinang dapat dikonsumi dengan cara diminum air rebusannya.

Selain itu bisa juga dengan cara menghancurkan buah pinang kemudian diaplikasikan langsung pada bagian kulit yang terluka.

Melindungi gigi

Khasiat buah pinang selanjutnya didapat dari buah pinang muda. Buah pinang muda dipercaya bermanfaat untuk mencegah gigi dari kerusakan.

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa pinang memiliki aktivitas antimikroba yang dapat mencegah aktivitas bakteri penyebab gigi berlubang. Pinang juga dipercaya dapat membuat gusi dan gigi menjadi lebih kuat.

Mengatasi bau mulut

Selian dapat melindungi gigi, ternyata pinang juga dapat mengatasi bau mulut. Bau mulut diakibatkan oleh aktivitas bakteri, sama halnya seperti masalah gigi berlubang. Anda bisa menggunakan buah pinang kering super sebagai obat kumur untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi secara keseluruhan.

Pengobatan glaukoma

khasiat buah pinang selanjutnya adalah dapat mengobati glaucoma. Glaukoma merupakan kerusakan saraf mata yang diakibatkan meningkatnya tekanan pada bola mata. Meningkatnya tekanan bola mata ini biasanya terjadi akibat gangguan pada sistem aliran cairan mata.

Seseorang yang menderita glaukoma dapat merasakan gejala berupa gangguan penglihatan, nyeri pada mata, hingga sakit kepala. Buah pinang dipercaya dapat membantu dalam pengobatan glaukoma.

Hal ini karena buah pinang dapat menstimulsi sistem saraf pusat. Pinang juga dipercaya memiliki manfaat untuk mengatasi rabun mata yang diakibatkan oleh berbagai sebab.

Meningkatkan gairah seksual pria

Buah pinang muda terkenal akan manfaatnya dalam meningkatkan gairah seksual, terutama pada pria. Manfaat pinang yang satu ini ddidapat dari kandungan alkaloid aktif dalam pinang berupa senyawa arekolin. Kandungan senyawa ini dipercaya mampu menstimulasi hormon, sehingga gairah seks meningkat.

 Selain itu, pinang juga dapat membuat jantung bekerja lebih optimal. Cara mengkonsumsi pinang untuk meningkatkan gairah seksusal cukup mudah. Anda bisa memakannya setelah dipotong-potong. Atau bisa juga dengan direbus beberapa jam sebelum melakukan hubungan intim.

Dipercaya bahwa pria yang mengonsumsi air rebusan pinang maupun buah pinang secara langsung membuat staminanya akan naik. Beberapa sumber pernah menyatakan bahwa pinang juga dapat mengatasi penyakit disfungsi seksual pada pria. Anda tertarik, silakan mencobanya.

Baik untuk kesehatan kulit

Khasiat pinang selanjutnya adalah sebagai buah yang baik untuk kulit. Buah pinang dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan kulit berminyak. Buah pinang juga dipercaya dapat mencegah penuaan dini atau bahkan menyamarkan tanda-tanda penuaan yang terlalnjur muncul.

Anda dapat mencoba perawatan kulit yang satu ini dengan cara mengambil 3-4 buah pinang muda dan cuci hingga bersih. Selanjutnya ambil daging buahnya lalu haluskan. Kemudian oleskan pada wajah terutama pada area yang berjerawat dan biarkan hingga 20 menit.

Terakhir bilas wajah sampai bersih. Lakukan cara ini setiap malam menjelang tidur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Khasiat buah pinang memang sangat banyak, namun yang perlu Anda tahu bahwa sebagian manfaat di atas belum memiliki bukti ilmiah, Maka dari itu, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi pinang dan jangan berlebihan.

Perhatikan efek samping yang muncul setelah mengkonsumsi pinang seperti reaksi alergi, terjadinya mual atau muntah, peningkatan detak jantung, ataupun efek samping lainnya, jika terjadi segera hentikan penggunaan dan segeralah konsultasi pada dokter.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan lain, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan pinang. Karena penggunaan pinang sebagai obat herbal bisa memengaruhi kerja obat yang sedang Anda gunakan atau bahkan meningkatkan efek samping keduanya.