Pertanian

Ketahui Kriteria Pinang Unggul Agar Tidak Salah Memilih Pinang

Pinang merupakan tanaman dengan banyak manfaat yang melekat padanya. Pinang juga istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nah, bagi...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
kriteria Pinang unggul

Pinang merupakan tanaman dengan banyak manfaat yang melekat padanya. Pinang juga istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Nah, bagi anda yang tertarik untuk membeli buah maupun bibit dari pinang tentunya jangan sampai salah memilih pinang dengan kualitas kurang bagus, berikut akan saya ulaskan satu persatu.

Memilih bibit pinang dengan kualitas baik

kriteria Pinang unggul

Penggunaan bibit tanaman yang unggul sangat bepotensi untuk meningkatkan kualitas hasil panen Pinang. Akan tetapi ternyata pemilihan benih pinang varietas unggul tidak semudah yang anda bayangkan.

Sebab proses ini memang harus dilakukan secara selektif agar bibit pinang yang diperoleh terbukti kualitasnya. Agar tidak salah pilih, berkut kami ulaskan tips yang perlu anda perhatikan saat memilih benih Pinang.

Tanaman induk yang sehat

Bibit yang berkualitas tentunya berasal dari induk yang sehat dan terbebas dari hama maupun gulma. Jadi, anda disarankan untuk datang langsung ke penadah benih. Amati pohon induknya, ketika melakukan proses pengamatan, anda harus memastikan bahwa pohon indukan tersebut memenuhi ciri-ciri tumbuh tegar, berbatang lurus dan memiliki mahkota setengah bulat

Produksi Pinang tanaman induknya stabil

Tanaman induk harus memiliki produktivitas yang stabil sebab hanya tanaman induk seperti itu yang dapat menghasilkan bibit unggulan. Tanaman induk mampu menghasilkan bibit berkualitas apabila memiliki waktu produksi normal. Tanaman pinang memiliki waktu produksi sekitar 4-5 tahun dengan usia minimal 10 tahun.

Pertumbuhan daun bagus

Pertumbuhn daun merupakan salah satu aspek yang harus anda amati juga. Bibit pinang berkualitas berasal dari induk berdaun ideal, yaitu rata, terbuka dan memiliki lebih dari 8 helai daun

Memiliki lingkar batang pohon yang ideal

Proses pengukuran batang pohon ini dilakukan pada ketinggian 1 meter dari permukaan tanah. Adapun karakteristik idealnya adalah yang mempunyai lingkar sekitar 45 cm

Pertimbangkan kondisi tandannya

Batang, daun, lingkar batang adalah hal yang pelu benar – benar dilihat untuk menilai seberapa baik kualitas tanaman induk yang nantinya akan berpengaruh ke benih yang akan ditanam. Akan tetapi, anda juga harus memeiksa kondisi tadannya juga selain ketiga aspek tersebut.

Dalam konteks ini Pinang dengan tandan ideal harus terdiri adri 4 buah atau lebih. Sementara itu pastikan juga bahwa di setiap tandan Pinang terdapat buah pinang dengan jumlah kurang lebih 0-60 butir.

Ketika tanaman induk yang anda amati memenuhi beberapa syarat diatas,maka bisa dipastikan bahwa tanaman tersebut akan menghasilkan benih yang unggul dan berkualitas baik. Memang anda harus benar-benar jeli dan selektif dalam memilih tanaman induk. Dengan demikian, hasil panennya pun akan berkualitas juga.