Pertanian

Bagaimana Cara Memilih Pinang yang Baik dan Benar

Tanaman pinang (Areca catec) telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah tanaman ini kerap digunakan sebagai salah satu campuran ramuan tradisional ini...

Written by Jamaluddin · 1 min read >

Tanaman pinang (Areca catec) telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Buah tanaman ini kerap digunakan sebagai salah satu campuran ramuan tradisional ini dikenal memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan sehingga banyak dikonsumsi masyarakat.

Di pasaran, Anda bisa dengan mudah menjumpai buah pinang atau juga kerap disebut sebagai jambe di berbagai pasar tradisional hingga e-commerce di internet. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengetahui cara memilih pinang yang baik agar Anda tidak mudah  tertipu oknum penjual nakal yang banyak beredar di masyarakat.

kriteria Pinang unggul

Tips cara memilih pinang yang bagus dan berkualitas

Tanaman pinang telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia diberbagai daerah. Di Jawa, buah ini kerap dijadikan sebagai campuran ramuan tradisional sementara masyarakat di Papua memiliki kebiasaan mengunyah sirih yang dicampur dengan buah pinang segar. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Tidak hanya dikonsumsi, buah pinang juga digunakan sebagai pelengkap upacara adat di berbagai daerah seperti di Kalimantan dan Sumatra. Buah pinang biasanya dicampurkan dengan daun sirih guna menciptakan ramuan sirih  pinang yang dikenal menyebabkan mulut dan ludah berwarna merah seperti darah. Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa tips cara memilih pinang yang bagus dan berkualitas untuk berbagai kepentingan.

1. Pilih buah pinang dengan kulit yang bagus

Sebaiknya pilih buah pinang yang memiliki warna hijau segar dan penampilan luar yang mulus. Warna hijau segar menandakan jika buah pinang tersebut memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga daging buahnya masih enak untuk dikonsumsi secara langsung.

Sementara itu, kulit luar buah yang mulus dan tanpa cela menandakan jika buah tersebut belum mengalami kerusakan yang parah seperti tergores atau dimakan oleh hewan-hewan tertentu. Walaupun buah pinang memiliki lapisan kulit yang tebal tapi tampilan luar yang jelek tentu akan mengurangi nilai jual buah dan memberi kesan yang buruk jika digunakan untuk upacara adat.

Disisi lain, Anda juga sebaiknya jangan memilih buah pinang yang sudah berwarna kuning. Warna kulit buah pinang yang kuning menandakan jika buah pinang sudah tua dan tidak cocok dikonsumsi. Buah pinang yang berwarna kuning tersebut lebih cocok dijadikan sebagai bibit.

2. Pilih varietas unggulan

Diantara berbagai varietas pinang yang ada di Indonesia terdapat beberapa varietas yang sudah diakui sebagai varietas unggulan. Beberapa contohnya adalah pinang Aceh, pinang merah, pinang Buluwan, pinang Betara masih banyak lagi. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maka sebaiknya Anda membeli salah satu dari varietas unggulan tersebut.

 3. Pilih buah pinang yang bebas bebas hama

Walaupun cukup jarang tapi ada kemungkinan buah pinang yang beredar di pasaran telah terkontaminasi oleh hama dan organisme penyebab penyakit pada tanaman pinang. Meskipun hal tersebut tidak terlalu membahayakan kesehatan manusia namun hal itu bisa saja mempengaruhi kualitas daging buah pinang.

Tips membeli pinang secara online

Disaat pandemi seperti sekarang tentu membeli buah pinang  secara online lebih disarankan. Melalui belanja online Anda bisa meminimalisir kontak dengan banyak orang sehingga mengurangi resiko tertular Covid-19.

Namun, bagaimana cara memilih pinang yang bagus jika tidak bisa melihat produknya secara langsung? Adakah cara khusus untuk mendapatkan buah pinang terbaik secara online?

Untuk mendapatkan buah pinang berkualitas bukanlah hal yang mudah. Anda harus benar-benar yakin jika penjual yang Anda pilih memiliki produk yang sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan kualitas produknya dengan cara meminta bukti foto dan video tentang produk yang diperjual belikan.

Selain itu, Anda juga perlu memeriksa review dari para pelanggan sebelumnya agar tidak terjebak membeli ke penjual nakal.