Bisnis

Penjual Pinang Aceh Berkualitas Tinggi

Menemukan penjual pinang Aceh dengan kualitas tinggi dan terpercaya membutuhkan effort yang tidak kecil. Anda mungkin saja akan menemukan penjual abal-abal terlebih...

Written by Jamaluddin · 5 min read >
Penjual Pinang Aceh

Menemukan penjual pinang Aceh dengan kualitas tinggi dan terpercaya membutuhkan effort yang tidak kecil. Anda mungkin saja akan menemukan penjual abal-abal terlebih dahulu, atau mengalami hal-hal tak mengenakkan. Rekomendasi ini akan membantu pencarian Anda.

Siapa yang tidak kenal dengan buah pinang? Buah yang berasal dari tanaman sejenis palem-paleman ini telah lama menjadi bagian masyarakat tanah air. Di Jawa, buah pinang banyak digunakan bersama daun sirih untuk dikunyah dan di Kalimantan, buah pinang sering digunakan dalam beberapa upacara adat masyarakat setempat.

Sementara itu, di Aceh merupakan salah satu komoditas daerah tersebut. Banyak penjual pinang Aceh terutama di daerah Buloh Blang Ara, Lhokseumawe, Aceh yang menjual buah pinang berkualitas ekspor. Bahkan, menurut beberapa sumber, buah yang memiliki nama ilmiah Areca catechu ini merupakan salah satu produk unggulan daerah Aceh sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Pinang dikenal sebagai tanaman yang memiliki berbagai julukan. Di Jawa, tanaman ini kerap disebut sebagai jambe dan orang-orang suku Batak Toba menyebut tanaman ini sebagai pining. Selain di Indonesia, tanaman yang termasuk golongan palem-paleman ini juga banyak ditemukan di negara-negara daerah Pasifik, Afrika timur dan Asia.

Namun, tujuan ekspor pinang sebagian besar masih ke China dan negara-negara Asia Selatan. Buah pinang disana juga kerap dijadikan sebagai campuran obat-obatan herbal sehingga karena permintaanya cukup tinggi, kebutuhan tersebut akhirnya menjadi peluang bagi masyarakat Aceh dan sekitarnya yang memiliki pinang varietas terbaik. Hal tersebut dikarenakan buah pinang mudah tumbuh di Indonesia dan tidak membutuhkan banyak perawatan seperti tanaman sejenisnya.

Keuntungan membeli dari penjual pinang Aceh secara langsung

Sejak dulu, pinang Aceh telah dikenal sebagai salah satu varietas pinang terbaik di tanah air. Pinang yang dalam Bahasa Aceh disebut dengan Pineung ini merupakan salah satu komoditas yang banyak membantu para petani dan masyarakat setempat. Oleh karena itu, jika Anda membeli buah pinang secara langsung dari penjual pinang Aceh maka Anda secara tidak langsung telah membantu mensejahterakan petani lokal.

Pertanian pinang di daerah Aceh sejak dulu telah menjadi lahan pencari nafkah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di daerah tersebut. Mulai dari petani, buruh pengumpul hingga para pekerja dari industri rumahan yang mengolah buah pinang untuk kebutuhan ekspor.

Banyak diantaranya bahkan menjadikan pekerjaannya sebagai satu-satunya mata pencaharian. Oleh sebab itu, dengan membeli ke penjual secara langsung maka Anda telah berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat yang kebanyakan adalah industri rumahan skala kecil.

Selain membantu mensejahterakan masyarakat lokal, buah pinang yang Anda beli dari penjual secara langsung biasanya masih berupa pinang segar yang belum dikeringkan. Buah pinang tersebut masih segar sehingga Anda bisa mencium aromanya yang khas.

Bagi sebagian orang, bau buah pinang segar bisa menyegarkan dan mengembalikan mood sehingga Anda bisa merasa lebih rileks. Selain segar, harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah dibandingkan dengan penjual eceran atau pihak ketiga yang banyak Anda temui di berbagai situs e-commerce.

Bagi Anda yang berada di luar daerah Aceh dan ingin merasakan cita rasa komoditas unggulan ini maka sebaiknya Anda membeli buah pinang yang masih segar. Selain lebih segar, harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan buah pinang kering yang memang kebanyakan ditujukan untuk kepentingan ekspor. Dengan kondisi yang masih segar, Anda bisa dengan mudah mengolahnya menjadi berbagai produk makanan atau minuman yang lezat dan menyehatkan.

Namun, jika Anda ingin menyimpan buah pinang dalam jangka waktu yang lama maka sebaiknya Anda membeli buah pinang yang sudah dikeringkan. Buah kering ini cocok digunakan jika Anda ingin membuat berbagai ramuan tradisional. Buah pinang kering bisa tahan disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama tergantung dari kadar air yang dikandungnya. Agar lebih hemat, Anda sebaiknya membeli buah pinang kering yang berkualitas ekspor.

Penjual pinang Aceh biasanya menyediakan buah pinang kering dengan kadar air hampir 0%. Buah pinang seperti ini biasanya telah dikeringkan selama 8 hari berturut-turut hingga buah pinang bisa tahan disimpan hingga 1 tahun untuk  ekspor ke luar negeri seperti China, India, Malaysia, Pakistan, Thailand dan sebagainya.

Tanaman ini khususnya bagian buah bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan buah ini antara lain adalah gigi berlubang, mulut kering, skizofrenia, stroke, gangguan kecemasan, detoksifikasi racun dan meringankan gejala depresi. Selain bermanfaat, buah pinang bagi sebagian orang memiliki cita rasa yang unik sehingga banyak yang menyukainya terutama perempuan. Bahkan, di daerah Papua sana, masyarakatnya kerap mengkonsumsi pinang sehari-hari walaupun pinang menyebabkan gigi serta air ludah berubah warna menjadi coklat kemerahan.

Kenapa harus mencoba pinang Aceh?

Jika buah pinang Aceh tersebut saja sudah banyak diekspor ke negara lain mengapa tidak Anda coba mencicipinya? Walaupun kurang terkenal sebagai tanaman herbal tapi buah pinang memiliki berbagai khasiat yang tidak kalah ampuh dari tanaman herbal lain. Kelebihan buah ini, selain sebagai obat buah pinang sekarang juga banyak diolah menjadi berbagai jajanan yang menggiurkan. Walaupun begitu, namun Anda harus selalu ingat untuk membatasi penggunaanya agar justru tidak mengganggu kesehatan.

Produk-produk olahan buah pinang juga sudah mulai banyak diperjual belikan baik secara online maupun offline di berbagai toko sehingga Anda tidak perlu repot-repot berpergian jauh untuk mencobanya. Sebagai produk unggulan, pinang Aceh tentu dijamin memiliki kualitas terbaik sehingga hasil olahannya juga tidak akan mengecewakan lidah Anda.

Salah satu contoh olahannya adalah serbuk buah pinang yang praktis digunakan. Anda bisa mengkombinasikannya dengan berbagai minuman seperti kopi untuk menciptakan cita rasa unik atau membuat jamu kesehatan. Bentuknya yang praktis dan dibungkus dengan rapi jelas akan memudahkan Anda. Bubuk buah pinang Aceh tersedia dalam berbagai kemasan yang memudahkan Anda untuk memilih yang sesuai kebutuhan. Dibandingkan membeli buah pinang kering, serbuk buah pinang jauh lebih praktis dan menguntungkan.

Manfaat buah pinang bagi kesehatan

Buah pinang segar tidak hanya memiliki aroma yang wangi tapi juga bisa diolah menjadi berbagai produk yang menyehatkan. Kandungan air yang ada didalamnya dijamin bisa membuat tubuh kembali segar dan siap menghadapi hari. Salah satu contohnya adalah jus pinang segar yang dibuat dari daging buah pinang Aceh dicampur dengan berbagai bahan seperti telur bebek,telur ayam kampung, kopi,coklat dan rempah-rempah. Jus buah pinang ini dipercaya tidak hanya menyehatkan badan namun juga bisa menambah vitalitas bagi pria dewasa.

Selain diolah menjadi minuman, buah pinang segar juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk ramuan tradisional. Buah pinang telah lama dikenal memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan terutama bagi kesehatan gigi. Bahkan buah pinang segar yang masih muda kerap dijadikan panganan bagi para perempuan muda karena dianggap bisa menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan. Oleh sebab itu, buah pinang muda sangat terkenal di kalangan pasangan muda yang baru menikah.

 Buah pinang yang masih muda memiliki tekstur yang sangat berbeda dibandingkan buah pinang yang sudah tua. Daging buah pinang muda terasa lebih lunak dan cenderung memiliki warna yang lebih cerah sehingga bisa dikonsumsi. Oleh sebab itu, buah pinang asal Aceh kerap dikonsumsi karena memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan daging buah yang lebih tebal sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat buah tersebut dengan lebih optimal.

Tips memilih buah pinang berkualitas

 Memilih buah pinang yang segar dan berkualitas sebenarnya susah-susah gampang. Anda harus benar-benar memperhatikannya agar tidak tertipu membeli buah pinang yang berkualitas buruk. Jika Anda ingin tahu caranya sebaiknya perhatikan tips-tips berikut ini.

Pilih penjual yang terpercaya

Faktor penjual bisa dibilang merupakan faktor yang paling penting. Sebagai contoh, karena varietas pinang Aceh sudah banyak dikenal sebagai komoditi unggulan biasanya akan ada oknum yang menyalahgunakannya terutama di platform-platform online. Oleh sebab itu, pastikan Anda tahu betul kualitas produk buah pinang yang diperjual belikan.

Pilih yang memiliki penampilan bagus

Sebisa mungkin pilih buah pinang yang memiliki warna hijau segar dan penampilan yang mulus. Warna hijau segar menandakan jika buah pinang tersebut masih memiliki kandungan air yang cukup banyak dan kulit luar buah yang mulus dan tanpa cela menandakan jika buah tersebut belum mengalami kerusakan seperti tergores dan terkena noda sehingga isinya kemungkinan besar masih bagus.

Jangan pilih buah pinang yang berwarna kuning karena hal tersebut menandakan jika buah pinang sudah tua dan tidak cocok dikonsumsi. Buah pinang yang berwarna kuning lebih cocok dijadikan sebagai bibit karena lebih cepat bertunas. Pastikan juga buah tersebut tidak mengalami kerusakan karena bisa saja hal tersebut mempengaruhi biji didalamnya.

Pilih buah pinang yang sehat

Walaupun cukup jarang, tapi buah pinang bisa saja terjangkit hama/penyakit tanaman. Salah satu contohnya adalah bulat, kepik dan berbagai serangga kecil lainnya. Sebagian besar memang tidak berbahaya bagi manusia tapi hal tersebut jelas mengurangi kualitas buah pinang sehingga Anda patut waspada.

Pilih varietas unggulan

Buah pinang tidak semuanya bagus. Di Indonesia sendiri dari banyaknya varietas pinang hanya beberapa varietas tanaman pinang saja yang sudah diakui kelebihannya. Salah satunya adalah varietas pinang Aceh. Oleh sebab itu, demi hasil dan kualitas terbaik sebaiknya Anda memilih varietas unggulan.

Kemudahan dalam berbelanja

Di Tengah suasana pandemi seperti sekarang ini, tentu banyak daerah yang menerapkan pembatasan di daerah masing-masing. Hal tersebut menyebabkan masyarakat mulai beralih ke platform online termasuk penjual pinang Aceh. Saat ini banyak sekali penjual yang menawarkan buah pinang Aceh karena diyakini bisa memberikan manfaat bagi tubuh.

Belanja buah pinang secara online memang mudah dan praktis. Namun, sebaiknya Anda tidak melupakan tentang kualitas yang ditawarkan. Karena Anda dan penjual tidak bisa berkomunikasi secara langsung maka setidaknya Anda bisa menanyakan kualitas barang yang dijual berupa foto buah pinang yang ditawarkan.

Rekomendasi Penjual Buah Pinang Aceh Terpercaya

Untuk mencegah resiko menemukan suplier pinang Aceh abal-abal, kami rekomendasikan Anda untuk melihat profil dan produk pinang dari UD Bina Usaha yang memiliki catatan sangat baik dalam bidang jual beli pinang Aceh.

Di tengah suasana yang tidak menentu seperti saat ini, pembelian online merupakan alternatif terbaik bagi masyarakat.

Dengan menggunakan media sosial ini, Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan penjual dibandingkan melalui platform lain. Jika Anda berminat untuk membeli pinang secara online maka Anda bisa menghubungi nomor WA di bawah ini untuk mendapatkan buah pinang dengan harga terbaik.

Cara membeli pinang terbaik

Cara Membeli Pinang Terbaik

Jamaluddin in Bisnis
  ·   1 min read
Proses Pengolahan Pinang Belah Kering

Harga Pinang Belah di Pasaran

Jamaluddin in Bisnis
  ·   2 min read