Pertanian

Buah Pinang Aceh Selatan, Salah Satu Komoditi Ekspor yang Menguntungkan

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah buah Pinang, bahkan sejak kecilpun anda pasti sering mendengar pepatah ‘bak pinang dibelah dua’....

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Buah Pinang Aceh Selatan

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan istilah buah Pinang, bahkan sejak kecilpun anda pasti sering mendengar pepatah ‘bak pinang dibelah dua’. Memang, sepopuler itu buah Pinang di tanah Indonesia ini.

Begitu banyak manfaat buah Pinang sehingga menjadikannya dikenal banyak orang. Salah satunya yang paling  banyak diketahui adalah sebagi penguat gigi dan sebagai pencegahan ejakulasi dini.

Menjamurnya Buah Pinang Di Aceh Selatan

Buah Pinang Aceh Selatan

Buah Pinang Aceh Selatan, merupakan yang paling banyak dicari oleh pembeli. Mungkin karena banyaknya penduduk Aceh yang mengkonsumsi buah Pinang sebagai obat herbal sehingga banyak produsen yang berlomba-lomba memproduksi buah Pinang.

Anda tidak akan sulit menemukan olahan buah Pinang di Aceh Selatan karena hampir disetiap daerah aceh pasti ada warung kopi yang menyediakan minuman kesehatan yang biasa disebut sebagai jus Pinang, seperti di kota Lhokseumawe.

Beberapa orang juga mengkonsumsi buah Pinang dengan cara mengunyahnya dengan campuran daun sirih dan kapur. Bahkan, bagian batang pinang pun juga diolah sedemikian mungkin, para produsen kerap memperjualbelikan batang pinang menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia, karena banyak yang membutuhkan batang pinang untuk mengadakan lomba yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, ya, panjat pinang.

Meski kurang begitu awet, batang pinang yang sudah tua tetap bisa dijadikan perkakas atau pagar. Selain biji dan batangnya, umbut pinang muda dapat digunakan untuk mengoati patah tulang dan bahkan bisa dimakan sebagai lalapan atau kudpan, begitu banyak manfaat buah pinang.

Lantas melihat kesempatan seperti itu, para produsen pun mulai berlomba-lomba menanam Pinang di Aceh Selatan, disamping banyak masyarakat yang menggemarinya, lahan di Aceh sangat cocok untuk menanam buah Pinang; lahan cocok, suhu pas, konsumen banyak, lengkap sudah komposisi yang menjadikan pinang merebak di Aceh Selatan.

Komoditi Ekspor Buah Pinang Di Aceh Selatan

Karena merebaknya buah Pinang di Aceh Selatan, maka mulai dikenal lah istilah buah Pinang Aceh Selatan. Banyak kosumen mencari Pinang Aceh karena tahu bahwa Pinang Aceh berkualitas bagus. Dengan didukung lahan dan suhu di Aceh yang cocok untuk penanaman Pinang, tida heran Pinang Aceh selalu menyuguhkan kualitas terbaiknya.

Karena hal ini juga Aceh menjadi dalah satu daerah dengan komditas ekspor Pinang terbanyak. Maka dari itu bukan suatu hal yang mengejutan jika Pinang Aceh termasuk salah satu biji-ijian yang nilai ekspornya ke negara lain termasuk dalam kategori besar, seperti India, Pakistan, China, Singapura, dan sebagainya.

Hal tersebut sangat menguntungkan masyarakat Aceh juga, karena dengan begitu terdapat banyak mata pencaharian lagi. Karena itu bagi anda yang tertarik dengan buah Pinang, bisa melihat atau memesan buah pinang Aceh Selatan, dikarenakan kualitasnya ang baik dan bagus.