Pertanian

Pinang Hibrida Aceh, Salah Satu Varietas Terbaik dari Pinang

Pinang Aceh sudah terkenal akan kualitas bagusnya. Pada Pinang terdapat beberapa varietas Pinang Aceh unggul yang harus anda ketahui, diantaranya ada Pinang...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Pinang Hibrida Aceh, Salah Satu Varietas Terbaik dari Pinang

Pinang Aceh sudah terkenal akan kualitas bagusnya. Pada Pinang terdapat beberapa varietas Pinang Aceh unggul yang harus anda ketahui, diantaranya ada Pinang Hibrida Aceh, dan Pinang Betara Aceh.

Anda harus mengetahui hal tersebut karena penting bagi anda untuk mempertimbangkan kualitas bibit Pinang agar menghasilkan pohon Pinang dengan pohon yang sehat, kokoh, dan dengan buah yang memuaskan. Simak kriteria- kriteria varietas dari Pinang Aceh berikut

Pinang Hibrida Aceh, Sebagai Salah Satu Pinang Unggul Pertama Di Indonesia

Pinang Hibrida Aceh merupakan salah satu varietan Pinang Aceh yang terkenal akan kualitas bagusnya. Bahkan Hibrida Aceh ini dinobatkan sebagai pinang unggul pertama di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya SK MENTAN Nomor 199/Kpts/SR.120/1/2013 dan melalui sidang berdasaran hasil evaluasi pada tanggal 8 November 2012, Pinang Hibrida dinyatakan sebagai pinang unggul pertama di Indonesia.

Beberapa karakteristik serta ciri-ciri Pinang Hibrida, sebagai berikut:

  • Pada usia 4-5 tahun mulai belajar berbuah ( berbunga terlebih dahulu)
  • Ketika usia tanaman 6 tahun bisa mulai normal panen
  • Berisi 130 buah per tandannya
  • Memiliki berat biji 8,68 gram per bijinya (berat biji kering)
  • Memiliki ukuran biji yang lebih besar daripada pnang lokal lainnya
  • Memiliki kadar tanin hingga sampai 9,79 persen
  • Produktivitas pnang betara adalah 5,7 kg per pohon dalam satu tahun (berupa biji pinang kering)
  • Memiliki tinggi batang 10.28 meter
  • Tanaman berusia hingga 25 tahun

Benih Pinang Hibrida ini sangat disarankan untuk anda yang memperhatikan kualitas saat menanam pohon, karena varietas ini memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis Pinang lokal lainnya.

Bibit Pinang yang Ditawarkan Produsen

Pinang Hibrida Aceh, Salah Satu Varietas Terbaik dari Pinang

Adapun jika anda ingin membeli bibit Pinang,biasanya produsen menawarkan 3 pilihan:

Benih atau bakal kecambah

Varian bibit yang ini merupakan varian dalam bntuk benih yang masih fresh dan belum berkecambah apalagi bertunas

Kecambah bibit

Varian bibit yang ini sebenarnya hampir sama dengan varian bibit no 1 tadi, bedanya, varian bibit kali ini sudah berkecambah, sehingga tingkat kelangsungan tumbuh tanaman Pinang lebih tinggi daripada varian bibit pertama.

Bibit Pinang tanpa polybag

Bibit Pinang tanpa polybag ini merupakan bibit pinang yang sudah muncul tunas, mengenai kelangsungan tumbuh tanaman Pinang sudah jelas bahwa varian bibit no 3  ini memiliki kelangsungan tumbuh lebih tinggi daripada 2 varian lainnya.

Telah banyak pohon pinang yang tumbuh di Indonesia namun belum banyak yang mengenal dan terkesan kurang menarik untuk membudidayakannya. Meskipun begitu perlu kita mulai menyentuh serta mengembangkannya mengingat banyak perminntaan dunia akan produksi Pinang.