Pertanian

Ciri-ciri Pinang Hibrida Berkualitas

Benih atau bibit yang terbaik maka akan menghasilkan buah pinang yang terbaik dan berkualitas. Bagi anda yang ingin mempunyai buah pinang yang...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
kritria dan tanda-tanda pinang yang berkualitas

Benih atau bibit yang terbaik maka akan menghasilkan buah pinang yang terbaik dan berkualitas. Bagi anda yang ingin mempunyai buah pinang yang berkualitas saat dipanen maka ada baiknya menggunakan bibit pinang hibrida berkualitas saja.

Sehingga ketika panen dan ingin dijual harganya pun tidak akan jatuh tetapi mahal karena kualitas dari buah yang baik.

Seperti inilah ciri ciri pinang hibrida berkualitas

Sukses dalam berkebun pinang sangat ditentukan oleh bibit. Bibit merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam usaha budidaya pinang. Bila benih yang ditanam berkualitas baik dan bebas dari serangan hama dan penyakit, maka jumlah produksi dan kualitas biji pinang yang dihasilkan tentu berbeda dengan benih yang tidak baik. Pinang hibrida, merupakan salah satu jenis pinang yang termasuk dalam varietas unggul yang sudah mendapatkan rekomendasi dari pemerintah.

pinang hibrida berkualitas

Benih ini merupakan yang memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan seperti kesesuaian lahan, iklim dan bahan hal ini akan sangat  menghasilkan dan menjanjikan secara ekonomi. Dalam Beberapa tahun terakhir ini terjadi perluasan kebun pinang yang semakin meluas di sejumlah wilayah di Indonesia. Diperlukan perhatian khusus agar mutu pinang dan jumlah produksi pinang agar selalu unggul dan bermutu serta kualitas pinang Indonesia tetap terjaga.

Untuk benih pinang hibrida berkualitas yang unggul dapat diperoleh dari kebun pinang yang buah nya dapat menjadi sumber benih yang menghuni.  Untuk kriteria buah pinang yang akan dijadikan benih di antara nya adalah buah yang digunakan berukuran besar dan seragam karena buah yang besar dapat berpotensi menghasilkan tanaman dengan produksi buah yang  tinggi dan baik.

Oleh karena itu untuk memastikan benih pinang yang disemai berasal dari buah yang berkualitas dan bermutu baik sebaiknya dipahami dulu cara memilih bibit pinang yang bagus.

Membahas jual bibit pinang hibrida berkualitas

Untuk mendapatkan bibit  pinang hibrida dengan kualitas   unggul tidaklah susah karena sekarang ini sudah banyak dijual di berbagai tempat di indonesia, termasuk di pulau sumatera,  dengan bibit pinang super unggul dengan harga yang murah.  Sebenarnya  pohon pinang banyak tumbuh di daerah- daerah di wilayah Indonesia namun belum banyak yang mengenali bahkan terkesan kurang menarik untuk dibudidayakan.

Meskipun pinang banyak  di anggap sebelah mata namun perlu memulai untuk mengembangkan nya mengingat banyak permintaan pasar dunia akan produksi pinang hibrida dengan harapan dapat meningkatkan sumber pendapatan petani dan devisa negara. Pinang hibrida  merupakan tanaman dengan pertumbuhan yang cukup baik  dengan ketinggian pada ketinggian antara 11.400 meter d.p.l dengan curah hujan yang bagus.

Tahukah anda bahwa ada beberapa karakter tanaman pinang hibrida dimana sangat memerlukan penyinaran langsung untuk menjaga agar kualitasnya tetap terjaga. Dan ada beberapa karakteristik dari pinang hibrida berkualitas yang wajib anda ketahui jika ingin berusaha pinang ini yaitu;

  • Normal panennya yaitu ketika usia tanaman sudah 6 tahun.
  • 1 tandan bisa berisi 130 buah.
  • Memiliki berat biji kering 8,68 gram/biji.
  • Ukuran bijinya oun lebih besar daripada pinang lokal lainnya.

Jika anda ingin beetanibatau berusaha pinang ini maka usahakan lah untuk memilih pinang hibrida berkualitas untuk menghasilkan panen yang bermutu yang laris di pasaran.

Pastikan juga anda menyediakan sarana lain seperti mendapat penyinaran langsung, lahan yang basah atau lembab serta pupuk untuk mendukung keberhasilan panen yang sempurna.