Bisnis

Memilih Pinang Kering Sebagai Usaha yang Menjanjikan

Sekarang ini usaha pinang kering tidaklah asing bagi kebanyakan orang. Usaha ini banyak diminati banyak orang karena memang keuntungan yang diperoleh cukup...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Memilih pinang kering sebagai usaha yang menjanjikan

Sekarang ini usaha pinang kering tidaklah asing bagi kebanyakan orang. Usaha ini banyak diminati banyak orang karena memang keuntungan yang diperoleh cukup memuaskan. Apalagi jika buah pinang tersebut memiliki kualitas yang bagus yang layak di pasaran.

Jika anda ingin menjadi pengusaha dari buah ini maka usahakan lah untuk memilih pinang kering langsung dari petani atau si pembudidaya. Bukan dari orang ke orang. Tujuannya agar lebih terjamin.

Berapa harga pinang kering saat ini?

Memilih pinang kering sebelum memulai usaha pinang memerlukan ketelitian terhadap bibit yang akan ditanam. Karena itu sangat berdampak pada buahnya nanti. Dan saat ini harga jual pinang di masing-masing daerah terus meningkat. Untuk harga jual pinang kering saja dapat  dijual kisaran Rp 11 ribu per kilogram dan naik sampai Rp 15.000 per kilogram dari hari ke hari.

Belum lagi ketika si pembeli buah pinang akan menjual kembali buah pinang tersebut dengan harga bisa mencapai 17 ribu per kilogram.

Naiknya harga pinang bisa disebabkan oleh banyak faktor salah satunya masih banyak masyarakat yang memintanya untuk dijadikan atau diolah sebagai obat alami. Tapi sayangnya pinang hingga saat ini belum begitu dilirik oleh pemerintah untuk dijadikan komoditas unggulan di daerah tertentu. Dan kini pinang hanya

Hingga saat ini petani khususnya di wilayah Sumatera sudah banyak beralih untuk menanam pinang. Kalau semakin banyak petani Indonesia sudah beralih ke pinang diharapkan harga pinang pun bisa  terus naik. Dan harapan nya harga pinang kering ini bisa semakin mahal, dan dapat mencapai Rp 20 ribu per kilogram. Dan berharap supaya petani yang memiliki kebun pinang semakin maju.

Buah pinang kering merupakan peluang usaha kecil

Memilih pinang kering sebagai usaha yang menjanjikan

Usaha budidaya pinang kini memang cukup menjanjikan. Anda tidak hanya menjadi petani pinang, tetapi anda juga dapat menjual produk pinang kering dengan harga yang cukup kompetitif. Dan sampai saat ini peluang usaha budidaya pinang masih banyak dilakukan masyarakat pedesaan dan dijadikan sebagai salah satu cara untuk menambah penghasilan.

Produksi pinang kering yang banyak dihasilkan oleh warga dimana diharapkan menjadi potensi lokal yang bisa dikembangkan lebih luas sebagai peluang usaha kecil yang menguntungkan bagi masyarakat.

Kedepannya akan ada bisnis pinang kering yang akan membantu perekonomian masyarakat sebagai peluang usaha yang menjanjikan, tujuannya adalah untuk mengetahui apa saja jenis-jenis pemanfaatannya serta seperti apa bahan baku yang diinginkan para konsumen.

Hal tersebut kemudian akan menjadi dasar untuk mengupayakan peningkatan kapasitas produksi pinang. Bahkan dibutuhkan beberapa sentuhan teknologi untuk meningkatkan kapasitas produksi pinang kering ini yaitu dengan bantuan mesin pengering untuk kelompok.

Saat ini pinang merupakan peluang usaha kecil yang jelas cukup menguntungkan jika dibandingkan dengan tanaman sawit, kelapa, bahkan karet.

Mengapa? Karena mudah perawatannya, murah biaya pemupukan nya juga, bahkan tanpa dipupuk pun ternyata pinang bisa berbuah dengan baik. Tetapi untuk hasil yang lebih maksimal pemupukan memang harus dilakukan. Ingatlah untuk memilih pinang kering yang bibitnya kelak bisa menghasilkan pinang kering terbaik.

Tahukah anda bahwa keuntungan usaha budidaya pinang kering sangat dipengaruhi oleh harga pasar dan kondisi lahan yang anda jadikan sebagai penanaman batang pinang.

Untuk dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal, maka anda harus usaha ekstra dalam setiap kegiatan budidayanya serta sebelum anda memulainya maka anda harus memilih pinang kering yang bibitnya bermutu.

Cara membeli pinang terbaik

Cara Membeli Pinang Terbaik

Jamaluddin in Bisnis
  ·   1 min read
Proses Pengolahan Pinang Belah Kering

Harga Pinang Belah di Pasaran

Jamaluddin in Bisnis
  ·   2 min read