Pertanian

Tahukah Anda Pinang Merah Manfaatnya sebagai Apa?

Perlu diketahui bahwa habitat pinang merah yang sangat baik adalah di hutan rawa gambut dataran rendah. Pinang merah ini dapat bertumbuh baik...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Pinang Merah Berasal dari Daerah Mana?

Perlu diketahui bahwa habitat pinang merah yang sangat baik adalah di hutan rawa gambut dataran rendah. Pinang merah ini dapat bertumbuh baik pada tanah lempung maupun berpasir, di tempat-tempat terlindung ataupun terbuka, asal di tempat tersebut keadaannya selalu basah maupun lembab.

Mengapa? Karena faktor air dalam tanah sangat menentukan pertumbuhan pinang merah ini Lalu tahukah anda pinang merah manfaatnya sebagai apa saja?

Pinang merah manfaatnya cukup banyak. Begini penjelasannya

Pinang merah tidak akan pernah dapat tumbuh apabila tempatnya bertumbuh bukanlah yang basah maupun yang lembab.  Jadi tidak boleh sembarangan jika ingin menanam pohon pinang merah ini karena air merupakan bagian yang diperlukan tanaman ini. Tahukah anda bahwa pinang merah manfaatnya cukup banyak dan sudah banyak yang menggunakannya .

Diantaranya yaitu dijadikan sebagai tanaman hias karena mempunyai daya tarik warna merah yang mencolok di bagian pelepah daun serta sepanjang ibu tulang daun.

Di Sumatera misalnya batang pinang merah sangat sering dijadikan sebagai rangka atap dan sebagai untai pondok. Lain halnya di Malaysia, masyarakatnya menggunakan batang pinang merah yang keras untuk menumbuk padi.

Pinang merah ternyata salah satu dari beragam spesies yang dilindungi. Meskipun demikian masih banyak masyarakat yang belum mengetahui status konservasi pinang merah ini karena memang persebarannya yang masih ada begitu banyak.

Khasiat pinang bagi kesehatan dan kecantikannya

Tahukah Anda Pinang Merah Manfaatbya sebagai Apa?

Ternyata buah pinang ini sangat berkhasiat karena memiliki antivirus, antibakteri, antialergi, antiinflamasi, antioksidan dan sebagainya yang sangat baik untuk di coba. Berikut ini beberapa manfaat buah pinang untuk kesehatan juga kecantikan anda.

Mengencangkan kulit

Jika anda ingin tetap terlihat awet muda dan segar maka anda bisa memanfaatkan buah pinang ini untuk kecantikan karena ada khasiat yang terkandung di dalamnya seperti membuat kulit anda lebih sehat, halus, kencang, serta menyamarkan garis penuaan dini.

Jadi tidak perlu membeli produk kecantikan karena yang alami sudah ada. Caranya? Cukup tumbuk beberapa biji buah pinang kemudian jadikan masker wajah dan kulit.

Baca juga: Penjual pinang Aceh dengan Harga Bersaing

Mengatasi jerawat

Apakah anda ingin wajah bebas jerawat karena sangat mengganggu penampilan? Cukup pakai buah pinang ini karena terdapat kandungan tanin dan minyak atsiri dalam biji buah pinang sehingga mampu mengatasi jerawat yang sulit hilangnya. Caranya? Cukup haluskan biji pinangnya lalu jadikan sebagai masker pada wajah dengan tidak menggunakan campuran air.

Mampu merasakan nyeri sakit pinggang

Pernahkah anda merasakan rasa nyeri atau sakit di bagian pinggang? Itu bisa terjadi karena banyak faktor seperti karena terlalu lama duduk atau mungkin karena memang ada penyakit.

Untuk meredakannya tidak perlu membeli obat-obat an karena cukup mengolah tanaman ini dengan cara menumbuk biji serta daun pisangnya kemudian oleskan pada pinggang yang sedang sakit.

Mengatasi pendarahan serta mengeringkan luka

Tahukah anda bahwa pendarahan terjadi  karena luka maupun benturan. Tapi sakit ini bisa diatasi hanya dengan menggunakan biji buah pinang. cukup menumbuk beberapa biji buah pinang kemudian oleskan pada luka. Sangat berkhasiat karena kandungan kimia yang terdapat didalamnya sangat ampuh mampu mengeringkan luka.

Menguatkan gigi anda

Khasiat dari buah pinang dalam menyehatkan dan menguatkan gigi memang sudah terbukti sejak zaman dahulu dan banyak yang sudah digunakan para orang tua. Cukup mengunyah sirih maka akan membuat gigi dan mulut anda akan bebas bakteri.

Pinang merah manfaatnya cukup banyak yang bisa anda manfaatkan khasiatnya.