Pertanian

Pinang Nyen Aceh, Komoditas Unggulan Aceh Utara

Pinang muda adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia. Walaupun pohon pinang mudah tumbuh di daerah tropis, pinang muda paling banyak dijumpai di...

Written by Jamaluddin · 2 min read >
Kandungan Pinang Muda dan Manfaatnya

Pinang muda adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia. Walaupun pohon pinang mudah tumbuh di daerah tropis, pinang muda paling banyak dijumpai di Sumatra dan pedalaman Aceh Utara. Pinang muda dari Aceh dikenal dengan nama Pinang Nyen Aceh. Merupakan komoditas unggulan dari Aceh Utara, pinang nyen berbeda dari pinang muda biasa. 

Keunggulan pinang nyen Aceh

Pinang nyen Aceh merupakan pinang muda yang dipanen sebelum umur buah 8 bulan. Karena masih muda, warna buahnya hijau, berbeda dengan pinang tua yang berwarna oranye hingga kemerahan. Bentuk buahnya lonjong menyerupai telur ayam. Ukurannya bervariasi tetapi lebih kecil dari pinang tua.

Dibanding pinang muda pada umumnya, pinang nyen Aceh memiliki isi yang sangat lunak atau lembek. Seperti namanya, kata ‘nyen’ dalam bahasa Aceh berarti lunak. Tekstur daging buahnya yang lembut dan kenal seperti jelly menjadi ciri khas dari pinang nyen. 

Keunggulan lainnya adalah rasanya yang tidak sepat sama sekali. Biasanya rasa buah pinang muda sangat kelat. Karena itulah banyak orang menambahkan gula atau madu ketika menkonsumsinya. Pinang nyen sama sekali tidak kelat asal anda jangan memakan selaput dagingnya. 

Selain itu pinang nyen mempunyai masa simpan yang cukup lama seperti pinang muda pada umunya yaitu sekitar 1 tahun dengan catatan sudah dikupas dan dikeringkan hingga hilang kadar airnya. Jika tanpa proses pengeringan, masa simpannya hanya beberapa hari saja. Agar tahan lama, sebaiknya pinang nyen segar disimpan di kulkas setelah dikupas. 

Harga pinang nyen Aceh

Pinang nyen dijual oleh petani seharga kurang lebih Rp15.000,- per kilogramnya. Kemudian barang dijual oleh para tengkulak ke pasar dengan harga yang lebih tinggi. Jika anda membeli pinang nyen dari toko online, harga bisa tembus Rp35.000,- per kilogram, bisa lebih .

Pinang nyen banyak dijual dalam bentuk irisan kering walaupun tak sedikit juga yang menjual pinang nyen segar. Jika ingin lebih praktis, anda dapat membeli dalam bentuk serbuk. Harganya biasanya lebih mahal karena pinang sudah melaui proses pengolahan lebih lanjut. 

Saat ini malah banyak penjual buah pinang nyen sale atau pinang muda yang sudah dibakar. Pinang nyen sale memiliki aroma lebih kuat hasil pengasapan. Cara mengkonsumsi pinang nyen sale adalah dengan menghisap isinya seperti permen. 

Manfaat pinang nyen

Pinang Nyen Aceh, Komoditas Unggulan Aceh Utara

Sama seperti pinang muda pada umumnya, pinang nyen memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah sebagai penguat gigi. Tradisi mengunyah pinang dicampur dengan sirih sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tak hanya di kehidupan masyarakat Aceh, budaya ‘nginang’ ini ada di berbagai wilayah di Indonesia dan dunia. 

Pinang muda juga dipercaya mampu mengobati masalah lambung. Tak heran banyak masyarakat yang menggunakan pinang muda untuk penawar sakit lambung pada saat masuk angin. Caranya adalah dengan mengunyah pinang secara langsung kemudian menelannya atau dengan mengusapkannya pada perut. 

Rasa hangat yang dihasilkan oleh pinang muda akan membantu mengeluarkan angin dari dalam perut, sehingga lambung terasa lega dan kembali seperti biasa. 

Satu lagi manfaat penting dari pinang muda adalah untuk meningkatkan vitalitas pria. Saking terkenalnya manfaat pinang muda untuk meningkatkan gairah seksual, pinang nyen serin dipakai sebagai bahan utama pembuatan jamu khusus pria. 

Pinang nyen memang sering diracik untuk minuman tradisional. Biasanya pinang muda diseduh dengan air panas dan ditambah bahan-bahan lain seperti susu, telur ayam kampung, madu, dan jare. Hasilnya minuman berkhasiat ini terasa sangat enak. 

Efek samping konsumsi pinang nyen berlebih

Segala sesuatu jika dikonsumsi berlebihan akan membawa efek tidak baik bagi tubuh. Begitu pun dengan pinang nyen Aceh. Sebelum memutuskan mengkonsumsi pinang muda sebagai obat herbal, anda harus tahu resiko atau efek samping dari buah ini. 

Beberapa hasil penelitian modern menunjukkan bahwa konsumsi pinang muda dalam jangka panjang secara rutin ternyata menimbulkan berbagai resiko kesehatan mulai dari kanker mulut hingga kerusakan gigi. 

Bahkan sebuah riset dari American Society for Clinica Nutrition menyatakan ada keteratian antara pinang dan pengingkatan resiko obesitas, penyakit metabolik, dan penyakit jantung. WHO sendiri menyatakan bahwa pinang muda mengandung zar karsinogen yang berpotensi meningkatkan resiko kanker jika dikunyah langsung. 

Proses mengunyah yang lama dapat memicu lepasnya zat arecoline, guvacoline, dan arecaidine di dalam rongga mulut. Tiga enzim ini membentuk racun yang dapat memicu kanker. 

Cara aman konsumsi pinang nyen

Lalu, seberapa amankan pinang nyen untuk dikonsumsi? Seperti kebanyakan produk herbal lain, belum ada uji klinis terkait dosis dan cara konsumsi pinang nyen yang aman. Namun, bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi buah berkhasiat ini. Asal tetap tidak berlebihan, anda tetap dapat mengkonsumsi pinang muda. 

Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, sebaiknya hindari mengunyah pinang secara langsung. Kalaupun sudah terlanjur melakukannya, anda harus mengurangi intensitas pemakaian sedikit demi sedikit. 

Sebagai pengganti aktifitas ‘nginang’, anda bisa mencoba permen bebas gula. Sementara itu, memakan pinang dengan cara dimakan langsung atau meminum air rebusannya masih dirasa aman. Namun usahakan untuk tetap tidak berlebihan. 

Untuk penggunaan topikal, seperti dioleskan ke wajah atau kulit, pinang muda belum terbukti mengakibatkan masalah serius. Tetapi perlu diperhatikan kehigienisan dalam mengaplikasikan pinang muda secara topikal. Jika sudah tercampur bakteri dari tangan atau wadah yang kotor, kulit dapat mengalami iritasi dan infeksi.