Pertanian

Tips Beli Pinang Online

Pinang sebagai bahan baku industri dan farmasi terkenal akan segudang manfaatnya mulai dari antikanker hingga memperkuat gigi. Pantas saja banyak orang berburu...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Tips Beli Pinang Online

Pinang sebagai bahan baku industri dan farmasi terkenal akan segudang manfaatnya mulai dari antikanker hingga memperkuat gigi. Pantas saja banyak orang berburu pinang kering untuk dimanfaatkan sebagai obat herbal. Beli pinang online menjadi sangat populer karena masyarakat bisa mendapatkan pinang dengan mudah.

Beli pinang online vs beli pinang di pasar

Selain dijual di toko online, sebenarnya pinang juga banyak dijual di pasar tradisional. Harga pinang di pasar cenderung lebih murah daripada di toko online karena penjual di pasar membeli pinang langsung dari para tengkulak atau pengepul.

Lalu mengapa banyak pembeli lebih memilih beli pinang online? Ada beberapa kelebihan membeli pinang online daripada di pasar. Pertama, cara ini lebih praktis. Anda tidak perlu harus keluar rumah hanya untuk membeli pinang. Hanya dengan memesan melalui gadget, barang akan dikirim ke alamat pembeli.

Selain alasan kepraktisan, ada beberapa alasan lain. Pinang yang dijual online memiliki variasi yang lengkap mulai dari pinang kering, pinang muda segar, pinang bubuk, hingga jus pinang.

Anda dapat menemukan hampir semua jenis pinang di toko online. Beberapa di antaranya adalah varietas unggul seperti pinang batara, pinang wangi, dan pinang Thailand. Jika membeli di pasar, mungkin anda hanya dapat menemukan 1 atau 2 jenis pinang.

Penjual online  biasanya mengemas buah pinang dalam berbagai ukuran mulai dari 200 gram hingga 1 kilogram. Pembeli dapat dengan mudah memilih kemasan sesuai kebutuhan. Kemasannya dibuat kuat dan aman sehingga tidak rusak selama proses pengiriman.

Harga pinang di toko online

Tips Beli Pinang Online

Beli pinang dari toko online memang sedikit lebih mahal daripada membeli di pasar. Rata-rata penjual online menjual pinang seharga Rp50.000.- per kilogram. Harga ini belum termasuk ongkos kirim. Sementara itu penjual di pasar menawarkan harga di kisaran Rp30.000.- per kilogram.

Anda masih bisa berkesempatan menawar harga di pasar sehingga harganya menjadi lebih murah lagi. Pilihan ada di tangan anda. Jika ingin mendapat harga yang lebih terjangkau, tentu belanja pinang di pasar lebih menguntungkan. Tetapi jika sisi kepraktisan yang dicari, belanja online adalah solusinya.

Tips membeli pinang online

Ada beberapa tips membeli pinang online agar mendapat harga murah mendekati harga di pasar. Pertama carilah marketplace atau toko onlinen yang sedang mengadakan promo baik promo barang maupun promo ongkos kirim.

Rata-rata pinang asli dikirim dari daerah asalnya di Sumatra atau Kalimantan. Jika membeli dari Jawa, ongkos kirimnya bisa lebih dari Rp20.000.,-. Dengan memanfaatkan promo gratis ongkos kirim, tentu anda bisa menghemat uang belanja.

Membeli online juga memungkinkan pembeli membuka beberapa marketplace atau toko secara bersamaan. Hal ini sangat menguntungkan karena anda dapat membandingkan harga dari satu toko ke toko lain dengan muda untuk mencari harga termurah.

Selain faktor harga, membeli online punya kelebihan dalam hal keamanan. Penjual mengemas pinang dengan standar pengemasan yang baik sehingga dipastikan barang sampai dengan aman. Jika masih ragu-ragu, anda dapat meminta kemasan dobel dengan bubble wrap atau kardus dengan sedikit tambahan biaya.

Nah demikianlah tips beli pinang online. Perkembangan teknologi mendorong berkembangnya toko online. Walaupun tinggal di daerah bukan penghasil pinang, kini anda dapat membeli pinang dengan aman, mudah, hemat, dan cepat. Menikmati khasiat buah pinang menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan kapan saja.