Pertanian

Pinang Wangi, Merupakan Pinang Terbaik Dari yang Lainnya

Bagi anda dan juga saya, pasti sudah tidak asing dengan buah pinang. Buah pinang banyak dibudidayakan di berbagai daerah- daerah di Indonesia....

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Pinang wangi, merupakan pinang terbaik dari yang lainnya

Bagi anda dan juga saya, pasti sudah tidak asing dengan buah pinang. Buah pinang banyak dibudidayakan di berbagai daerah- daerah di Indonesia. Tentunya karena memiliki banyak manfaat, buah Pinang menjadi obat herbal kegemaran tersendiri di beberapa kalangan masyarakat.

Namun, tahukah anda, bahwa sebenarnya Indonesia kurang membudidayakan pohon pinang dengan baik, sedangkan banyak permintaan pohon pinang di luar negeri sana. Dan budidaya pinang di Indonesia sendiri sebenarnya memiliki prospek menjanjikan secara ekonomi.

 Sayang memang, maka dari itu berikut akan saya ulas mengenai Pinang Wangi, Pinang yang terbaik dari pinang lainnya. Pinang ini juga meupakan pinang yang sudah dilepas varietasnya oleh menteri terkait, yang sudah pasti terlebih dahulu melalui proses penilaian, dan pengujian.

Supaya kita bisa mengidentifikasi Pinang yang berkualitas baik sejak dini, dan memiliki pengetahuan tentangnya, siapa tahu, di kemudian hari anda berkesempatan untuk membudidayakan tanaman pinang. Simak yuk ulasan dibawah.

Kriteria pinang dikatakan sebagai pinang wangi yang merupakan pinang terbaik

Pinang wangi, merupakan pinang terbaik dari yang lainnya

Pinang wangi dinamakan wangi karena memang bagian- bagian nya sperti daun, buah dan bahkan akarnya memiliki aroma yang wangi laiknya aroma pandan. Kalau anda menjumpai aroma buah, daun, bunga, dan akar pohon pinang tidak wangi, maka bisa dipastikan bahwa itu bukan pinang wangi yang akan saya sebutkan kriterianya. Beberapa kriteria pinang wangi antara lain:

  • Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pinang wangi memiliki aroma yang wangi terutama pada bagian daun dan kulit buah, aspek ini merupakan aspek penting untuk membedakan pinang wangi atau tidak.
  • Pinang wangi yang memiliki buah tua, buah tersebut akan memiliki garis memanjang dari pangkal ke ujung buah.
  • Memiliki daun yang lebih lebar dari pinang biasa
  • Pinang wangi memiliki ruas batang yang relatif pendek sekitar 5- 10 cm.
  • Pinang wangi memiliki jumlh produksi yang lebih tinggi ketimbang pinang biasa

Kelebihan pinang wangi selaku pinang terbaik ketimbang pinang lainnya

Pinang wangi yang merupakan pinang terbaik pastinya memiliki keunggulan- keunggulan tersendiri ketimbang pinang biasa, diantaranya adalah :

  • Pinang wangi beraroma wangi yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi tiap- tiap konsumen
  • Pada pinang wangi, proses pengupasan buah lebih mudah dilakukan, baik buah yang basah ataupun buah yang sudah dijemur
  • Pinang wangi juga mampu menghasilkan antara 100- 400 biji buah disetiap tandannya dengan berat buah 5—20 kg ( buah dalam kondisi basah)

Demikian ulasan mengenai pinang wangi, pinang terbaik dari pinang lainnya. Disarankan anda benar-benar memperhatikan detail kecil saat mengamati pohon pinang, sehingga bisa mengetahui antara pinang kualitas baik dan tidak.