Pertanian

Cek yuk, Kriteria dan Tanda-tanda Pinang yang Berkualitas Untuk Anda

Pinang merupakan tanaman yang bisa anda temukan di Tiongkok, India, Asia Tenggara, dan daerah tropis Afrika. Pada zaman dahulu, mengunyah biji pinang...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
kritria dan tanda-tanda pinang yang berkualitas

Pinang merupakan tanaman yang bisa anda temukan di Tiongkok, India, Asia Tenggara, dan daerah tropis Afrika. Pada zaman dahulu, mengunyah biji pinang adalah salah satu aktivtas yang populer dikalangan masyarakat. Bahkan sampai saat ini pun aktivitas tersebut masih tak jarang dilakukan oleh sebagian masyarakat, khususnya daerah pedesaan.

Biji Pinang itulah salah satu kelebihan dari Pinang, yang mana biasanya dimanfaatkan untuk berbagai pengobatan. Pinang juga merupakan salah satu komoditas yang diunggulkan disektor tanaman rempah dan penyegar lho! Nah, untuk anda yang tertarik membeli atau mencari buah pinang, berikut kami ulas beberapa tanda-tanda Pinang yang berkualitas baik untuk anda.

Tanda-tanda buah pinang yang baik dan berkualitas, sebagai berikut:

  • Pinang beraroma wangi ( buah, daun, akar dan keseluruhan dari bagiannya beraroma seperti aroma pandan);
  • Berwarna kuning dan memiliki garis memanjang dari pangkal ke ujung buah;
  • Buah pinang dengan kualitas baik cenderung berdaun lebar dari yang lainnya;
  • Memiliki ruas batang yang pendek sepanjang 5-10 cm.

Poin-poin diatas merupakan tanda-tanda buah pinang yang berkualitas bagi anda yang ingin membeli buahnya. Nah, berikut kami ulaskan ciri-ciri pohon pinang yang baik dan berkualitas bagi anda yang ingin mengambil bibit dari pohonnya.

Ciri-ciri pohon pinang yang berkualitas untuk diambil bibitnya antara lain:

  • Pohon berbatang lurus, dan mahkota pohon bebentuk setengah bulat;
  • Pertumbuhan daun rata satu sama lain, terbuka, dan lebih dari 8 lembar daun;
  • Lingkar batang pohon lebih dari 45 cm apabila diukur pada ketinggian 1 meter dari tanah;
  • Memiliki lebih dari 4 jumlah tanda/buah;
  • Terdapat 50-60 butir buah per tandan nya
  • Induk pohon berproduksi stabil sekitar 4-5 tahun dengan minimal usia pohon 10 tahun.

Dari ulasan diatas bisa diketahui bahwa buah Pinang dengan kualitas bagus adalah buah Pinang Wangi, lantas apa keuntungan yang anda dapatkan dengan memilih buah Pinang wangi? Simak ulasan berikut

Kelebihan Pinang Wangi yang wajib anda ketahui

kritria dan tanda-tanda pinang yang berkualitas

Pinang Wangi merupakan tanaman Pinang yang unggul dan memiliki kualitas bagus, mengapa disebut sebagai Pinang Wangi? Karena Pinang Wangi memiliki buah, daun, dan bahkan akar yang beraroma harum seperti aroma pandan.

Pinang Wangi merupakan produk unggulan karena pinang wangi memiliki jumlah produksi yang lebih tinggi dari pinang biasa. Salah satu kelebihan pinang wangi yang lainnya, yaitu, mudah dilakukan pengupasan, baik buah nya yang basah, aupun yang sudah dijemur kering.

Pinang wangi juga menghasilkan lebih banyak tanda/buah, yaitu sekitar 100-400 biji dengan berat buah 5-20 kg ( dalam keadaan basah/ belum dijemur).

Demikian beberapa ulasan tentang tanda-tanda pinang dengan kualitas baik, pastikan anda benar-benar mmperhatikan detail kecil saat memilih Pinang maupun bibitnya agar kualitas Pinang benar-benar bagus.