Pertanian

Tips Membeli Pinang Hibrida Thailand Secara Online

Bagi sebagian besar masyarakat tanah air, nama pinang hibrida Thailand tentu masih terdengar asing dibandingkan dengan varietas pinang lain . Padahal, tanaman...

Written by Jamaluddin · 1 min read >
Pinang hibrida

Bagi sebagian besar masyarakat tanah air, nama pinang hibrida Thailand tentu masih terdengar asing dibandingkan dengan varietas pinang lain . Padahal, tanaman ini merupakan salah satu varietas unggulan yang banyak disukai oleh petani pinang. Tanaman ini termasuk tanaman dengan pertumbuhan yang lambat sehingga tidak tumbuh tinggi seperti tanaman pinang lain.

Apa itu pinang hibrida Thailand?

Julukan pinang hibrida Thailand sebagai sebenarnya bukanlah hal yang di keliru. Tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman pinang yang memiliki keunggulan yang yang tidak bisa ditemui di tempat lain. Sebagai contoh adalah soal tingginya.

Dengan tinggi yang cukup minim,  pohon ini menjadi favorit banyak orang karena mudah untuk dipanen dan dirawat. Tanaman ini menurut bberapakalananjuga cocok dijadikan sebagai hiasamn. Ukuran mini dan buah yang lebat bisa menjadi alternatif pemanis halaman yang unik dan lain daripada yang lain.

Terlepas dari ukuran pohon yang cukup kecil, buah yang dihasilkannya ternyata memiliki ukuran yang lumayan besar. Ukuran buah yang cukup besar akan memudahkan Anda untuk menjadikannya sebagai bibit. Selain itu, warna buahnya cukup cerah sehingga terlihat menarik dan gampang dikenali.

Membeli bibit pinang hibrida Thailand

Pinang hiibrida

Cara terbaik untuk mendapatkan bibit pinang hibrida Thailand adalah dengan mendatangi penjual secara langsung. Dengan bertemu dengan penjual, Anda bisa melihat kualitas produk yang ingin dibeli secara langsung atau bahkan mungkin bisa melihat-lihat contohnya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan tawar-menawar dengan langsung sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Selain itu, membeli secara langsung ke penjual biasanya memiliki harga pinang hibrida yang murah dibandingkan membeli secara online sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran.

Sayangnya, di masa pandemi seperti sekarang, hampir semua jenis penjualan dan perdagangan dilakukan secara online karena alasan keamanan. Hal tersebut tentu saja menyebabkan beberapa kendala  karena  antara penjual dan pembeli tidak bisa bertemu secara langsung. Anda tidak bisa melihat kualitas bibit pinang secara langsung sehingga rawan ditipu oleh oknum-oknum nakal.  Akan tetapi, jika Anda masih tetap berniat untuk membeli bibit secara online maka sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  •   Pastikan memilih penjual yang baik

Faktor penjual merupakan hal yang sangat penting. Pastikan jika Anda memilih penjual yang telah berpengalaman dan memiliki banyak pelanggan. Akan lebih baik jika penjual tersebut juga tergabung dalam salah satu e-commerce yang banyak ditemui di internet.

Penjual yang bergabung dengan e-commerce biasanya bisa ditelusuri riwayat penjualannya. Banyak konsumen yang memberikan rating dan komentar yang bisa Anda gunakan untuk menentukan pilihan. Oleh sebab itu,sebaiknya pilih penjual yang sudah terbukti bisa dipercaya dan memberikan pelayanan terbaik.

  •   Meminta bukti berupa video atau  foto

Karena Anda tidak bisa melihat produknya secara langsung maka jangan lupa untuk meminta video atau foto dari buah pinang hibrida Thailand yang ditawarkan.

Setidaknya, dengan melihat video atau gambar Anda bisa melihat kualitasnya meskipun tidak begitu jelas. Pastikan meminta penjual untuk mengirimkan detail gambar dari pinang yang Anda minta karena ada kemungkinan kerusakan kecil yang kurang terlihat.

  •   Manfaatkan promo atau diskon

Biasanya, di waktu-waktu tertentu beberapa situs e-commerce akan mengadakan promo untuk belanja online. Promo yang ditawarkan pun cukup beragam mulai dari potongan harga, gratis ongkos kirim, poin berhadiah dan masih banyak lagi.

Anda bisa memanfaatkan promo tersebut karena bisa sangat menghemat pengeluaran terutama jika Anda membeli dalam jumlah yang cukup banyak.